Apa Itu Coral Triangle?

arus pasang surut
Apa itu Arus Pasang Surut?
May 12, 2020
Mengenal Ubur-Ubur Lebih Dekat
June 12, 2020
apa itu coral triangle

Apa itu Coral Triangle?

Dalam dunia kelautan dikenal sebuah istilah Coral Triangle atau Segitiga Terumbu Karang. Apa itu coral triangle? Coral triangle adalah suatu kawasan perairan di Indo-Pasifik yang memiliki keanekaragaman kehidupan laut yang melimpah. Kawasan ini mencakup perairan Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua New Guinea, Timor Leste dan Solomon Islands. Dinamakan segitiga terumbu karang karena bila dilihat di peta, garis batas kawasan ini membentuk pola segitiga. Ruang lingkup kawasannya ditetapkan menurut kriteria yaitu terdapat penemuan hampir 600 jenis karang di dalam perairannya.

apa itu terumbu karang

Peta lokasi coral triangle (sumber: WWF)

Surganya biota laut

Kawasan ini juga dikenal sebagai “the Amazon of the ocean” karena keanekaragaman hayatinya yang sangat besar. Sebanyak 76% terumbu karang di dunia yang membentang seluas 6 juta kilometer persegi di perairan tersebut. Pusatnya dapat ditemukan di perairan Papua bagian kepala burungnya. Selain itu, corang triangle juga merupakan rumah bagi 6 dari 7 jenis penyu di dunia dan lebih dari 2000 spesies ikan karang. Biota laut lainnya juga dapat ditemukan di sini seperti dugong, manta rays, paus biru, paus sperma, lumba-lumba dan kerumunan invertebrata.

Manusia juga merasakan keuntungannya

Selain menjadi rumah bagi ribuan biota laut, kawasan coral triangle juga memberikan banyak dampak positif bagi manusia yang tinggal di sekitarnya. Lebih dari 120 juta orang juga sangat bergantung dengan keberadaan terumbu karang tersebut yang mampu menyuplai makanan, penghasilan, hingga perlindungan dari badai. Biota laut yang melimpah, membuat manusia lebih mudah mendapatkan suplai untuk makanan. Salah satunya adalah banyaknya ikan tuna yang bernilai komersil di daerah tersebut. Kemudian, industri wisata juga terbantu dengan adanya keindahan alam bawah laut ini. Nilai ekonomi wisata dari coral triangle ini mampu mencapai 12 miliar USD per tahunnya.

Yuk, kita terus jaga!

Seperti kita tahu, sebagian besar dari wilayah coral triangle ini berada di Indonesia. Maka sudah menjadi tanggung jawab bagi kita bersama untuk menjaga keutuhannya. Setiap tanggal 9 Juni juga diperingati sebagai Coral Triangle Day. Harapannya tentu saja menjadi pengingat bagi masyarakat dunia dan Indonesia khususnya untuk turut melestarikan warisan alam tersebut. Jangan sampai kita hanya menikmati keindahannya saja dan mengeksploitasi sumber daya alam tersebut secara berlebihan. Bila keutuhan keanekaragaman hayati di kawasan tersebut dapat terjaga, tentu manusia juga akan bisa terus menikmati dampak positifnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *