Apa itu Oseanografi?

perbedaan jurusan ilmu kelautan dan oseanografi
Apa Perbedaan Jurusan Ilmu Kelautan dan Oseanografi?
January 7, 2020
Jurusan Ilmu Kelautan yang Berakreditasi A
5 PTN dengan Jurusan Ilmu Kelautan yang Berakreditasi A
January 16, 2020
oseanografi

Oseanografi adalah salah satu ilmu kebumian yang fokus mempelajari tentang laut. Segala sesuatu yang berhubungan dengan laut dipelajari pada bidang ilmu tersebut. Maka dari itu Oseanografi memiliki cakupan yang cukup luas dalam keilmuannya. Oseanografi mencakup sifat fisis, kimiawi, dan biologis dari laut, termasuk sejarah kuno lautan, kondisinya saat ini, hingga prediksinya di masa depan.

Cabang Ilmu Oseanografi

Seperti keilmuan lainnya, oseanografi juga memiliki cabang ilmu di bawahnya yaitu: oseanografi fisika, oseanografi biologi, oseanografi kimia dan oseanografi geologi. Osenografi fisika befokus pada sifat fisis laut seperti gelombang, arus, pasang surut dan fenomena laut lainnya. Kemudian oseanografi biologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari biota laut dan ekosistemnya. Di cabang ilmu ini juga dipelajari distribusi, kelimpahan, dan produksi spesies laut bersama dengan proses yang mengatur penyebaran dan pengembangan spesies.

Oseanografi kimia mempelajari sifat unsur-unsur kimia yang ada di laut. Kimia laut sangat terkait dengan sirkulasi laut, iklim, tumbuhan dan hewan yang hidup di lautan, serta pertukaran bahan dengan atmosfer, cryosphere, benua, dan mantel. Lalu yang terakhir oseanografi geologi. Sesuai dengan namanya, cabang ilmu ini berkaitan dengan unsur geologi yang berada di laut. Osenografi geologi mempelajari topografi, struktur, serta proses geologis dasar lautan untuk menemukan bagaimana Bumi dan lautan terbentuk.

Pentingnya Ilmu Oseanografi

Layaknya laut yang memiliki peran penting bagi kehidupan di Bumi, mempelajari ilmunya pun tak kalah penting. Oseanografi menjadi penting untuk dipelajari karena dapat membantu dalam memahami fenomena yang terjadi di laut. Keilmuan ini juga dapat diaplikasikan ke berbagai macam sektor seperti ketahanan negara, kebijakan-kebijakan, dan perencanaan pembangunan. Dengan mempelajari oseanografi juga kita dapat melakukan prediksi dan simulasi yang berkaitan dengan kebencanaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *