Apa itu Arus Ekman?

arus geostropik
Apa Itu Arus Geostropik?
April 29, 2020
arus pasang surut
Apa itu Arus Pasang Surut?
May 12, 2020
arus ekman

Arus laut merupakan perpindahan massa air dari suatu tempat ke tempat yang lain. Terdapat beberapa faktor yang dapat membangkitkan arus, salah satunya adalah angin. Arus yang berkaitan dengan angin yang akan dibahas kali ini adalah arus Ekman.

Arus yang dipengaruhi oleh angin

Salah satu pembangkit arus adalah angin. Ketika angin bertiup di atas permukaan laut, air yang berada di permukaan akan terdorong oleh stress angin yang bekerja pada permukaan laut. Permukaan tersebut akan mendorong lapisan di bawahnya dan seterusnya sehingga membentuk kolom arus permukaan. Arus yang dipengaruhi oleh angin ini terbentuk hingga kedalaman antara 100 – 300 meter. Viskositas air laut menyebabkan kecepatan arus ini berkurang terhadap kedalaman.

Arus Ekman

Arus Ekman merupakan transport massa air yang disebabkan oleh angin. Arus ini timbul akibat keseimbangan gaya Coriolis dengan gaya gesekan. Meskipun pembangkitannya dipengaruhi oleh angin, arah pergerakan arus tidak sama dengan arah angin yang berhembus melainkan dibelokkan 45o ke kanan arah angin di Belahan Bumi Utara (BBU) dan ke kiri di Belahan Bumi Selatan (BBS). Pembelokkan ini sebagai pengaruh dari gaya Coriolis. Penyimpangan arah arus terhadap angin akan bertambah besar terhadap kedalaman. Setiap lapisan air yang lebih dalam secara berturut-turut akan bergerak lebih lambat ke kanan atau kiri, menciptakan efek spiral.

arus ekman

Ilustrasi arus Ekman (sumber: NOAA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *