Apa Itu Arus Geostropik?

gelombang laut berdasarkan periode
Klasifikasi Gelombang Laut Berdasarkan Periode
April 24, 2020
arus ekman
Apa itu Arus Ekman?
May 5, 2020
arus geostropik

Arus merupakan perpindahan massa air secara horizontal dari suatu tempat ke tempat yang lain. Salah satu faktor pembangkit arus laut adalah gradien tekanan (perbedaan tekanan). Arus yang berkaitan dengan gradien tekanan dinamakan arus geostropik.

Definisi

Arus geostropik merupakan arus laut yang timbul akibat adanya keseimbangan antara gaya gradien tekanan dengan gaya Coriolis. Gaya Coriolis adalah gaya menyebabkan terjadinya pembelokkan arah pada suatu objek yang bergerak akibat rotasi Bumi. Meskipun terdapat dua buah gaya yang bekerja pada arus ini, gradien tekanan tetap menjadi penggerak utama dari arus ini. Gradien tekanan timbul akibat adanya slope muka air yang menyebabkan air laut bergerak dari daerah dengan tekanan tinggi ke tekanan rendah. Bumi yang berotasi menyebabkan pergerakan arus ini dibelokan ke kanan atau kiri bergantung lokasinya berada di Belahan Bumi Utara/Selatan.

Mekanisme Pembangkitan Arus Geostropik

arus geostropik

Ilustrasi pembentukkan arus geostropik. (sumber: Hadi dan Radjawane, 2011)

Setiap wilayah perairan, memiliki densitas yang berbeda-beda. Akibatnya, terjadi slope muka air laut atau perbedaan ketinggian muka laut. Selain distribusi densitas yang berbeda-beda, slope muka air juga dapat terbentuk akibat pengaruh angin dan perbedaan tekanan udara di atas permukaan laut. Gaya gradien tekanan muncul akibat slope tersebut. Oleh karena itu air laut bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah (muka air tinggi ke rendah). Kemudian gaya Coriolis berpengaruh terhadap pergerakan arus tersebut sehingga terjadi pembelokkan arah arus ke kanan di Belahan Bumi Utara (BBU) dan ke kiri di Belahan Bumi Selatan (BBS). Besarnya pengaruh gaya Coriolis akan bertambah seiring dengan bertambahnya kecepatan arus. Ketika gaya Coriolis sudah sama besar dengan gaya gradien tekanan, terbentuklah arus yang memiliki kecepatan konstan yaitu arus geostropik. Pada arus ini, gaya gesekan dasar dan gesekan angin tidak berpengaruh.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *