Apa itu Arus Pasang Surut?

arus ekman
Apa itu Arus Ekman?
May 5, 2020
apa itu coral triangle
Apa Itu Coral Triangle?
June 9, 2020
arus pasang surut

Pasang surut merupakan gerakan naik turun muka laut yang disebabkan oleh gaya tarik Bumi, Bulan dan Matahari. Seiring dengan pergerakan naik turun tersebut, pasang surut juga membangkitkan suatu perpindahan massa air laut yang disebut arus pasang surut (arus pasut).

Pengertian Arus Pasang Surut

Arus pasang surut atau arus pasut adalah pergerakkan massa air laut secara horizontal yang dihubungkan dengan naik turunnya permukaan air laut akibat gaya tarik Bulan dan Matahari (Hadi dan Radjawane, 2009). Fenomena ini dapat kita lihat secara langsung. Misalkan kita berdiri di satu titik di pantai, pada pagi hari air lautnya masih berada cukup jauh dari tubuh kita. Namun ketika siang hari, saat kita berdiri di tempat yang sama, air laut tersebut sudah menyentuh kaki kita. Itu adalah salah satu bentuk yang bisa kita rasakan untuk membuktikan arus pasut. Arus pasut yang bergerak menuju pantai disebut dengan flood, sedangkan arus pasut yang menuju lautan adalah ebb. Perubahan arah pasut ini terjadi secara periodik bergantung pada tipe pasang surut di perairan tersebut.

Kecepatan arus pasut juga dipengaruhi oleh fase Bulan. Ketika Bulan Baru atau Bulan Purnama, kecepatan arus pasutnya menjadi lebih kencang. Sedangkan arus pasut akan melemah ketika Bulan memasuki fase pertama atau ketiga (setengah purnama).

Tipe Pola Arus Pasut

Arus pasut memiliki tiga tipe pola yang dipengaruhi oleh kombinasi gaya astronomi dengan geometri pantai dan kedalaman perairan. Ketiga pola arus pasut tersebut yaitu,

  • Tipe Rotasi

Arus pasut dengan tipe rotasi ini terjadi di lepas pantai. Gerak rotasinya berbentuk elips dengan arah rotasi searah jarum jam di Belahan Bumi Utara (BBU) dan berlawanan arah jarum jam di Belahan Bumi Selatan (BBS).

  • Tipe Bolak-balik

Arus pasut tipe bolak-balik terdapat di daerah teluk atau estuari. Pergerakan arus pasut ini mengikuti kondisi pada saat pasang dan surut. Pada saat pasang, air laut bergerak memasuki estuari atau teluk (flood) karena muka air di laut lepas lebih tinggi daripada di estuari. Pada saat surut, muka air di laut lebih rendah daripada di estuari, sehingga air laut bergerak menuju laut lepas (ebb).

arus pasang surut

Ilustrasi pergerakan arus pasang surut tipe bolak-balik

  • Tipe Hidrolik

Arus pasut tipe hidrolik terdapat di suatu selat yang menghubungkan dua perairan. Kedua perairan tersebut dipengaruhi pasut secara independen. Tinggi dan fase pasut yang berbeda di kedua ujung selat menyebabkan arus pasut yang berasal dari dua perairan bertemu di dalam selat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *