Bincang-Bincang Jurusan Ilmu Kelautan

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Kelautan
January 18, 2019
Bincang-Bincang Jurusan Oseanografi
January 23, 2019

Pada artikel kali ini, tim Oceanpulse berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan mereka yang berkuliah di jurusan Ilmu Kelautan. Ini dia ada Alvin dan Akbar! Alvin merupakan mahasiswa tingkat akhir jurusan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya dan Akbar adalah lulusan dari jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Institut Pertanian Bogor. Siapa nih optijen yang tertarik sama jurusan Ilmu Kelautan? Disimak ya! Supaya semakin mantap!


Sekarang kesibukannya apa?

Alvin      : Kuliah mau masuk semester 8 dan mau nyusun skripsi, saat ini menjabat sebagai Koordinator Wilayah 5 HIMITEKINDO (Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Indonesia).

Akbar    : Peneliti lepas. Seputar isu ruang akses masyarakat dalam pemanfaatan sumberdaya pesisir.

Kenapa pilih jurusan ilmu kelautan?

Alvin      : Sejujurnya aku salah jurusan, ngiranya ilmu kelautan sama dengan teknik kelautan, ternyata berbeda

Akbar    : Saya senang beraktivitas di laut. Saya pikir belajar apa yang kita gemari itu akan menjadi hal yang menyenangkan.

Ekspektasi awal sebelum kuliah kaya gimana?

Alvin      : Awalnya pengin yang kaya kerja-kerja di rig gitu sih kak, belajar-belajar yang secara tekniknya tapi waktu mulai-mulai semester 2 udah mulai legowo dan ternyata di ilmu kelautan lumayan seru juga

Akbar    : Berpikir bahwa menjalani kehidupan kampus itu akan lebih fleksibel dibandingkan waktu sma. Bukan lagi diatur lagi oleh orang lain, tapi kita sendiri yang mengaturnya.

Pengalaman kuliahnya ngapain aja?

Alvin      : Untuk ilmu kelautan sendiri sih di UB itu mencakup 4 konsentrasi, yaitu konservasi, eksplorasi, oseanografi sama bioteknologi. Semester pertama perkuliahan masih diwarnai dengan mata kuliah perikanan karena satu fakultas dengan perikanan. Semester kedua udah mulai seru karena praktikumnya sudah ke lapangan dan juga belajar botani laut, oseanografi, widya selam. Semester 3 lebih banyak lagi jalan-jalannya dan mulai menggunakan software untuk penerapan ilmu kelautannya seperti ARCGIS, Surfer, Matlab. Semester 4 lebih ke software untuk bioteknologi, mikrobiologi, geologi laut, remote sensing, pencemaran laut, koralogi. Kalau semester 5 ada pengenalan alat-alat untuk kelautan. Di semester 6 sudah tidak banyak ke lapangan dan mulai memilih mata kuliah sesuai dengan empat konsentrasi tadi.

Akbar    : Kuliah itu juga butuh strategi. Saya selalu berupaya untuk mengenali potensi diri untuk menguasai yang paling diminati. Merasa penting untuk meningkatkan kapasitas non-akademik, sekaligus berjejaring dengan berbagai orang dari berbagai latar belakang. Berproses di berbagai organisasi ketika kita menjadi mahasiswa adalah cara untuk mencapai semua itu. Yakin usaha sampai.

Hal apa yang paling membedakan jurusan kelautannya dengan di universitas lain?

Alvin      : mungkin kalo dari matkul-matkul sama sih kak, cuma kalau di ilmu kelautan UB itu dosennya punya tim-tim riset gitu sih, ada 2 yaitu CORRECT (Coastal Resilience And Climate Change Adaptation) sama MEXMA (Marine Resources Exploration and Management), jadi lumayan punya kerjasama juga sama instansi/perguruan tinggi/perusahaan gitu sih kak dan enaknya suka ditarik tarik gitu mahasiswanya buat ikut riset-riset.

Akbar    : ITK IPB saya rasa sampai saat ini masih menjadi kiblat keilmuan di sektor kelautan, terkhusus pada jenjang perguruan tinggi skala nasional bahkan mancanegara. Penunjangnya adalah kualitas dan kapabilitas dari tenaga pendidik serta kurikulum yang dimiliki.

Apa suka duka kuliah di jurusan Ilmu Kelautan?

Alvin      : sukanya sih jalan-jalan terus ke lapangan kan seru, kalo dukanya itu laporannya banyak banget dan banyak juga yang tulis tangan terus kalo lagi nongkrong sama temen-temen suka dibilang jadi nelayan

Akbar    : suatu anugerah ketika bisa belajar langsung dengan orang-orang hebat di kampus

Matkul yg paling disukai sama tidak disukai apa? Alasannya?

Alvin      : Paling suka Selam sama Hukum Laut dan Perikanan soalnya ga perlu capek otak kak hehe kalo gasuka itu pemodelan karena susah banget dan banyak rumus nya kak

Akbar    : Saya suka Keanekaragaman Hayati Laut karena selain mengenal keanekaragaman biota di laut dan ekosistemnya secara mendalam, kita juga akan sedikit belajar terkait pengelolaan ruang nya.

Pesan untuk adik-adik yang mungkin mulai berminat ambil jurusan kelautan

Alvin      : Harus lebih tahu dulu sih matkul-matkulnya soalnya banyak yang udh ngambil terus merasa salah jurusan

Akbar    : Kenali potensi diri terkait keminatan teman-teman. Itu yang akan memperkuat argumen atas pilihan kalian. Bagi kalian yang suka beraktivitas di laut, snorkeling, diving atau hanya jalan-jalan ke pulau, di ITK kalian akan makin sering melakukan itu, tentu dengan gaya yang ilmiah. Enjoy!


Nah, begitulah kira-kira isi perbincangannya. Semoga buat kamu yang sudah tertarik untuk mengambil jurusan Ilmu Kelautan menjadi semakin mantap ya. Semoga juga dapat memberikan sedikit gambaran mengenai perkuliahan di jurusan tersebut. Selanjutnya, siap-siap ya untuk yang berminat mengambil jurusan Oseanografi, tanya-jawabnya akan ada di artikel berikutnya. Jadi pantau terus Oceanpulse ya!

1 Comment

  1. Anonymous says:

    Terimakasih informasinya kaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *