Bincang-Bincang Jurusan Teknik Kelautan

Bincang-Bincang Jurusan Oseanografi
January 23, 2019
Prospek Kerja Ilmu Kelautan, Oseanografi, dan Teknik Kelautan
January 28, 2019

Terakhir nih dari sesi bincang-bincang jurusan bersama dengan mereka yang berkuliah di jurusan Teknik Kelautan! Kali ini Oceanpulse berkesempatan untuk berbincang dengan Dhani dan Nitis. Dhani merupakan mahasiswa jurusan Teknik Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember sedangkan Nitis adalah alumnus dari Teknik Kelautan Institut Teknologi Bandung. Buat yang sudah penasaran, simak yaa!


Sekarang kesibukannya apa?

Dhani    : Sekarang lagi mau buat skripsi aja.

Nitis       : Sekarang lagi kerja di Construction Department, Pertamina Hulu Makaham.

Kenapa pilih jurusan Teknik Kelautan?

Dhani    : Tertarik ke migasnya sih, banyak orang yang engga tau aja kalau teknik kelautan itu dekat sama hal-hal terkait migas. Jadi stereotype di masyarakat kalau teknik kelautan ya tentang biota laut atau oseanografi. Dan teknik kelautan di ITS juga yang paling tua dan yang punya bidang minat paling bayak juga, mungkin itu sih yang bikin tertarik masuk teknik kelautan ITS

Nitis       : Alesan singkatnya mah dulu pengen kerja di industri migas, tapi engga suka kimia jadi milihnya teknik kelautan deh

Ekspektasi awal sebelum kuliah kaya gimana?

Dhani    : Sebelum kuliah sih karena emang udah cari-cari info dan tanya ke senior, jadi udah ada gambaran sebelumnya kalau teknik kelautan itu dekat dengan hal-hal terkait migas

Nitis       : Dulu pernah ikut beberapa kali pengenalan tentang jurusan teknik kelautan kan, terus kayanya kuliahnya susah karena skup yang dipelajarinya luas dan macem sipil di laut, udah sipil susah ditambah di laut kan, terus bakal sering menghabiskan waktu di lab gelombang, bakal sering kunjungan ke offshore platform, terus katanya alumninya bisa kerja di industri migas, pelabuhan, konstruksi, dll. Realitanya lebih banyak belajar dari buku, belajar di lab dan kunjungan ke industri agak jarang.

Pengalaman kuliahnya ngapain aja?

Dhani    : Tahun pertama itu belajarnya matkul umum aja, ya mata kuliah dasarnya teknik kaya matematika fisika dll. Baru mulai tahun kedua kita dapet tugas besar tiap semesternya, jadi teknik kelautan di ITS itu basicnya dari teknik perkapalan, jadi malah semester 3 itu dapat tugas rancang 1 tentang linesplan kapal. Semester 4 ada tugas rancang 2, tentang stabilitas kapal. Masuk semester 5 ada Tugas rancang besar 1 tentang perencanaan struktur perlindungan pantai, disitu kita belajar desain jetty, breakwater, seawall atau struktur perlindungan pantai yang lain. Semester 6 ada tugas rancang besar 2, tentang perancangan struktur lepas pantai statis, jadi kita ngedesain Jacket platform yang biasanya buat ngambil minyak di lepas pantai. Semester 7 ada tugas rancang besar 3, tentang perancangan struktur lepas pantai terapung, ini baru ada semester kemarin sih, jadi kita ngedesain Floating Storage Production and Offloading (FPSO) , sampai menghitung stabilitasnya. Yang seru dari kuliahnya sih emang tugas besarnya.

Nitis       : Tingkat 1 kan tahap persiapan bersama itu ngulang matkul SMA, tingkat 2 basic engineering sama basic teknik kelautan, tingkat 3 lebih dalem lagi teknik kelautannya, tingkat 4 lebih ke penerapan teknik kelautannya.

Hal apa yang paling membedakan jurusan Teknik Kelautannya dengan di universitas lain?

Dhani    : Yang bikin beda sih karena kita pecahan dari teknik perkapalan jadi lebih jago di bidang hidrodinamikanya.

Nitis       : Kayanya bedanya teknik kelautan ITB itu basicnya sipil, sedangkan di universitas lain basicnya kapal. Makanya alumni KL ITB banyak juga yang kerjanya di perusahaan konstruksi. Oh ya sama teknik kelautan ITB akreditasinya udah abet hehe

Apa suka duka kuliah di jurusan Teknik Kelautan?

Dhani    : Kalau lingkungan belajarnya sih enak, kalau dosen sih bervariasi ya ada yang enak ada juga yang killer wkwk. Dukanya sih pas ngerjain tugas rancang sering ga tidur. Nyaman sih di sini, kekeluargaannya juga dapat banget.

Nitis       : Kuliahnya happy, temen-temennya super asik, dosennya oke-oke dan expert di bidangnya, staff-staffnya super ramah, di kampus jadi berasa di rumah sendiri. Dukanya masih banyak orang yang gatau Teknik Kelautan ITB, masih banyak yang ngira teknik kelautan itu sama kaya oseanografi jadi pas lulus untuk cari kerja lebih sering nyebut jurusannya civil marine engineer dibanding ocean engineer supaya lebih kebayang kalo teknik kelautan itu sipil di laut gitu.

Matkul yang paling disukai sama tidak disukai apa? Alasannya?

Dhani    : Sebenernya yang ga disuka itu yang susah aja sih tapi malah jadi inti dari kuliah disini. Paling challenging sih hidrodinamika. Matkul ini bisa paling disuka bisa paling ga disuka juga wkwk

Nitis       : Yang disuka itu analisis struktur sama anjungan lepas pantai, suka karena emang suka perstrukturan, ngerasa bakal kepake banget nantinya, ditambah dosennya juga enak. Yang ga disuka itu underwater acoustics karena emang ga passion aja hehe

Pesan untuk adik-adik yang mungkin mulai berminat ambil jurusan Teknik Kelautan

Dhani    : Indonesia itu negara maritim, potensi kelautan kita sangat besar, dan salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi dalam memajukan kemaritiman Indonesia adalah dengan menjadi sarjana-sarjana muda di bidang maritim. Salah satu yang bisa teman-teman pilih adalah teknik kelautan. Sebagai jurusan teknik kelautan tertua dan salah satu yang terbaik di Indonesia, jurusan teknik kelautan ITS akan bisa membawa teman-teman semua menjadi engineer-engineer baru di bidang kelautan yg punya kapasitas dan integritas.

Nitis       : Pesannya yakinin diri baik-baik apakah bener passionnya di teknik kelautan, karena kalau udah suka sama jurusannya nanti menjalani kuliahnya bakal sangat menyenangkan, dan sebaliknya. Terus juga jangan berekspektasi terlalu tinggi, yang pasti selama dijalani dengan baik hasilnya bakal mengikuti. Terus terakhir, kalau udah masuk teknik kelautan, belajar sebanyaknya-banyaknya dan buat koneksi yang baik sama internal teknik kelautan ataupun luar jurusan.

Tambahan pesan kalo udah masuk jurusan, selain belajar yang bener, banyakin liburan bareng temen-temen, bikin kenangan yang banyak, aktif di organisasi dalam kampus buat nambah temen dan ngembangin hobi, dan organisasi luar kampus buat nambah pengalaman dan manjangin obrolan saat interview kerja nanti haha bisa semacem beasiswa, lomba-lomba, pengmas, dll. Oh ya latih bahasa Inggris dari sekarang ini juga sangat penting. Dan yang paling utama IPK harus tetep di atas 3.


Jadi begitulah hasil bincang-bincang kami bersama mereka yang berkuliah di jurusan Teknik Kelautan. Semoga semakin memberi bayangan untuk kamu yang sudah tertarik mengambil jurusan ini. Yang terpenting kenali lebih dalam jurusan yang kamu minati sebelum memilih daripada menyesal di akhir.

Nah pertanyaan selanjutnya, apa sih prospek kerja dari masing-masing jurusan tersebut? Nantikan di postingan berikutnya yaa.

1 Comment

  1. lalak says:

    Terimakasih infonya sangat bermanfaat
    jangan lupa kunjungi web kami
    http://www.ppns.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *