Data Visualization

Data yang diambil dari observasi dan survey perlu dituangkan dalam berbagai media untuk melihat lebih jelas fenomena yang terbentuk di lapangan. Ada yang menyajikan data dalam bentuk statistik dasar, grafik, diagram maupun peta. Lebih kompleks lagi dalam bentuk model hidrodinamika maupun distribusi lainnya untuk melihat dinamika fenomena terhadap waktu. Disini kami menyediakan jasa untuk visualisasi data hasil observasi dan survey untuk dianalisis. Data dari citra satelit pun dapat kami sediakan visualisasinya.
Melalui visualisasi yang tepat, fenomena alam yang terbentuk dapat ditelusuri dinamika dan karakteristik-nya dalam periode tertentu atau untuk peramalan fenomena alam. Visualisasi data tersebut kemudian diintepretasikan sesuai kebutuhan.

Proses Visualisasi


Proses ini dimulai dengan memastikan bahwa data yang akan divisualkan telah siap dan lengkap. Siap dalam artian telah melalui proses filter atau smoothing yang sesuai dan lengkap dalam artian setiap interval waktu tertentu tidak ada data yang hilang. Kami akan bekerjasama dengan rekan kerja kami untuk melengkapi data, baik melalui perapihan raw data maupun asimilasi data.
Jika data telah siap diolah maka selanjutnya tim kami akan memilih metode yang paling tepat untuk mendapatkan gambaran fenomena alam di lapangan. Visualisasi yang kami sediakan dapat berupa:
Kami juga menyediakan jasa analisis yang diperlukan untuk interpretasi visualisasi data ini. Interpretasi berguna untuk engineering pengembangan kawasan pesisir maupun perairan pantai, eksplorasi atau pemanfaatan kawasan, mitigasi dsb.

Tujuan Akhir
Kami berharap rekan kerja kami akan mendapatkan gambaran mengenai dinamika fenomena yang terbentuk di lapangan. Dengan adanya informasi yang tepat maka kami berharap penggunaannya dalam pertimbangan rencana pengembangan kawasan dll akan tepat sasaran.