5 Fakta Paus Pembunuh yang Menarik Diketahui

narwhal
Narwhal Si Unicorn Laut yang Nyata Adanya!
September 9, 2020
walrus
Walrus Mamalia Laut Bertaring Panjang
September 14, 2020

Hai Optijen! Sudah tahu belum kalau paus merupakan jenis mamalia terbesar di laut? Pasti sudah ya? Nah, sekarang udah pada tahu belum kalau ada ada jenis paus (biasa kita kenal paus orca) yang ternyata itu termasuk ke dalam keluarga lumba-lumba? Engga percaya? Kali ini penulis bakal kasih tahu lima fakta Paus Pembunuh (Orcinus orca) yang menarik untuk kita ketahui.

Fakta Paus Pembunuh

Bukan termasuk kelompok Paus

Namanya Orcinus orca atau biasa dikenal dengan paus pembunuh. Meskipun nama julukannya paus, namun ternyata Orcinus orca bukan termasuk ke dalam jenis paus. Forney dan Wade (2006) mengatakan bahwa Orcinus Orca merupakan jenis lumba-lumba terbesar yang terdapat di lautan di seluruh dunia. Ukurannya yang besar inilah yang membuat banyak orang menyebutnya paus, dan kita juga mengenalnya dengan sebutan paus orca.

Memiliki mata layaknya lumba-lumba pada umumnya

Pasti banyak Optijen di sini yang mengira warna putih pada bagian tubuh paus pembunuh ini adalah matanya? Ternyata itu salah, lho! Mata paus pembunuh ini terletak di dekat lingkaran putih tersebut, biasanya berwarna hitam gelap.

fakta paus pembunuh

Sumber: Firgin, 2016

Bukan Paus Pembunuh melainkan Pembunuh Paus

Konon katanya, dulu Orcinus orca disebut sebagai pembunuh paus karena membatu pelaut di Australia untuk berburu menemukan paus-paus lain. Oleh sebab itu dia dijuluki Whale Killer. Namun seiring berjalan waktu nama tersebut berubah menjadi Killer Whale.

 

Baca Juga: Vaquita: Mamalia Laut yang di Ambang Kepunahan

 

Memiliki distribusi jenis mamalia laut terbesar

Menurut riset Ford pada tahun 2009 yang mengatakan bahwa Paus Pembunuh dapat ditemukan di seluruh samudera di dunia terutama perairan beriklim sedang dengan tingkat produktivitas laut yang tinggi. Mereka dapat bertahan pula dalam kondisi perairan yang dingin, karena mereka memiliki blubber. Blubber merupakan lapisan lemak tebal yang terdapat di bawah kulit paus pembunuh.

Merupakan puncak predator

Banyak yang beranggapan bahwa di laut puncak predator adalah hiu. Namun ternyata paus pembunuh inilah puncak predator sesungguhnya. Mereka memakan berbagai jenis ikan di laut termasuk hiu putih juga, lho. Anjing laut, singa laut, dugong, burung laut, penguin pun termasuk ke dalam daftar makanan paus pembunuh ini. Bahkan termasuk hingga jenis paus sperma bayi dan paus biru bayi juga. Dan menurut para ilmuwan, mereka juga akan makan beruang kutub jika ada kesempatan!

Nah itu dia 5 fakta paus pembunuh yang menarik sekali kan? Selanjutnya ingin tahu tentang biota laut apa lagi?

 

Referensi:

Kumparan, Encylovepedia. 2018. 10 Fakta Menarik tentang Paus Pembunuh. https://kumparan.com/encylovepedia-sains/10-fakta-menarik-tentang-paus-pembunuh-21dM5TYitY/full. [Diakses pada Jumat, 04-09-2020 Pukul 14.00 WIB]

Ford JKB (2009) Killer whale Orcinus orca. In: Perrin WF, Würsig B, Thewissen JGM (eds) Encyclopedia of Marine Mammals, 2nd ed., 650–657. Academic Press, Amsterdam, The Netherlands.

Forney KA, Wade PR (2006) Worldwide distribution and abundance of killer whales. In: Estes JA, Demaster DP, Doak DF, Williams TM, Brownell RL (eds) Whales, Whaling, and Ocean Ecosystems, 145–162. University of California Press, Berkeley and Los Angeles, California, USA.

 

Penulis:

Nira Nirwana

Creative Information and Communication Intern OceanPulse

2 Comments

  1. Asep Maulana Ishak says:

    Informasi yang menarik dan menambah wawasan tentang mamalia laut, lanjutin nih artikel yang lainnya

  2. Cita says:

    Mantap. Terimakasih informasinya!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *