Ikan Badut: Ikan Laut Cantik Sahabat Anemon Laut

walrus
Walrus Mamalia Laut Bertaring Panjang
September 14, 2020
sampah laut
Sampah Laut Menggerogoti Surga Bawah Laut
September 17, 2020
ikan badut

Clownfish merupakan jenis ikan yang menjadi karakter Nemo dalam film Finding Nemo. Warnanya yang orange terang dan putih dengan pola bergaris hitam membuat ikan ini disebut sebagai ikan badut. Ikan lucu ini adalah jenis omnivora yang memangsa zooplankton dan invertebrata kecil. Selain itu mereka juga memakan parasit yang melekat pada tubuh anemon serta alga bentik. Kita dapat menemukan mereka di Samudra Pasifik (Fiji), Laut Merah, Samudra Hindia (Indonesia, Malaysia, Thailand, Maladewa, Burma) dan Great Barrier Reef Autralia.

Ikan Badut yang Mungil

Ukuran tubuh ikan badut pada fase dewasa berkisar 14 hingga 16 cm, pada beberapa literatur dapat mencapai 18 cm. Ikan ini menjadikan plankton dan alga sebagai makanannya sehingga tergolong omnivora. Ikan ini hidup berkoloni, dimana pada fase awal pertumbuhan semua ikan berjenis kelamin jantan. Saat memasuki fase reproduksi, salah satu dari mereka akan berubah kelamin menjadi betina. setelah bertelur, ikan jantan bertugas menjaga telur hingga fase juvenile.

Bersimbiosis dengan Anemon Laut

Ikan badut juga hidup bersimbiosis dengan anemon laut. Anemon laut memberikan tempat tinggal bagi mereka. Mereka juga turut membantu mengusir ikan kupu-kupu (butterfly fish) yang mencoba memakan tentakel anemon. Namun, berdasarkan penelitian terbaru memperlihatkan bahwa ikan badut mengeluarkan zat/sisa pencernaan yang dapat digunakan oleh anemon laut sebagai nutrisi penting. Sebagai gantinya, mereka bisa bersarang diantara tentakel anemon yang menyengat sebagai perlindungan. Mereka juga tetap aktif di malam hari bergerak dan mengibaskan siripnya. Kebiasaan ini berfungsi memberikan sirkulasi udara bagi anemon laut pada malam hari ketika kadar oksigen menjadi rendah dimana proses fotosintesis telah berhenti.

 

Referensi :

KKP.id

Indozone.id

 

Penulis:

Aang Adam Anugrah

Creative Information and Communication OceanPulse

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *