Bisa Menyelam, Apa Penting untuk Anak Ilmu Kelautan?

Stop Katakan Lamun itu Rumput Laut!
September 30, 2020
teknologi kelautan pkp pangandaran
Mengenal Progam Studi Teknologi Kelautan di Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran
October 6, 2020

Pasti banyak dari teman-teman yang penasaran kalau kuliah di jurusan ilmu kelautan harus bisa menyelam tidak, ya?

Menurut kalian gimana nih, Optijen? Penting tidak anak kelautan bisa menyelam?

Jurusan ilmu kelautan sebenarnya mempelajari banyak hal. Mulai dari belajar tentang biota-biota laut, pencemaran laut, bioteknologi, pemetaan, mikrobiologi laut, planktonologi, oseanografi, dan masih banyak lagi. Jadi sebenarnya, kuliah jurusan ilmu kelautan ini luas aspek pembelajarannya, Optijen.

Selam sendiri sebenanya menjadi salah satu mata kuliah di jurusan ilmu kelautan. Pembelajaran tentang teori penyelaman dibahas dalam kelas ini, bahkan praktikumnya juga tersedia. Tetapi mahasiswa tidak dituntut harus menjadi penyelam.

Sesuaikan Minatmu!

Ya, tidak semua mahasiswa ilmu kelautan adalah seorang penyelam! Terdakang memang daya tarik lebih setiap orang berbeda. Ada yang sangat suka melakukan kerja-kerja laboratorium dengan mengamati plankton dan bakteri, utak-atik aplikasi pengolah data oseanografi, men-digit peta, campur-campur larutan untuk uji pencemaran, menyelam untuk melakukan pendataan bawah laut dan masih banyak lagi.

Minat di Selam? Ikuti Unitnya!

Bagi mereka yang memiliki daya tarik lebih untuk belajar selam, biasanya akan aktif mengikuti salah satu organisasi atau UKM kampus yang bergerak di bidang penyelaman. Tentunya dengan bergabung disana diharapkan akan lebih banyak melakukan latihan dan pembelajaran lebih dalam tentang selam itu sendiri. Jangan lupa untuk mengikuti sertifikasi selam, karena itu penting. Lisensi selam tentunya akan didapatkan ketika sudah lulus sertifikasi selam.

Tapi sebenarnya penting atau tidak bisa menyelam bagi anak ilmu kelautan?

Jika dibilang penting atau tidak, tentunya memiliki skill menyelam juga penting dimiliki oleh anak kelautan, apalagi bagi yang memiliki daya tarik lebih kearah konservasi. Memiliki kemampuan selam yang baik sebenarnya mempermudah untuk melakukan kerja-kerja bawah air. Tak hanya itu, banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika mempunyai kemampuan selam, seperti sangat membantu ketika melakukan penelitian yang mengharuskan untuk melakukan pengamatan dan pendataan bawah laut. Menyelam juga baik lho untuk kesehatan. Walaupun sebenarnya belajar selam sendiri juga memiliki resiko yang sangat tinggi apabila tidak mengikuti aturan-aturan dalam penyelaman.

Jadi gimana Optijen, apa kalian berminat untuk menjadi penyelam? Itu semua kembali ke pilihan kalian tentunya!

 

Penulis:

Dewi Asri Anggraini

Creative Information and Communication Intern OceanPulse

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *