3 Jenis Ubur-Ubur Perairan Indonesia

dugong
Dugong Mamalia Laut, Bukan Mermaid
September 7, 2020
narwhal
Narwhal Si Unicorn Laut yang Nyata Adanya!
September 9, 2020

Sebelumnya, OceanPulse telah membahas artikel mengenai mengenal ubur-ubur. Namun, masih dalam paparan umum saja. Kali ini penulis akan berbagi mengenai macam-macam jenis ubur-ubur perairan Indonesia. Buat optijen yang belum membaca artikel tentang mengenal ubur-ubur juga bisa mampir dulu ke sini.

Jenis ubur-ubur sendiri ada banyak jenis, lho! Laman World Atlas menyebut bahwa ada lebih dari 2.000 spesies ubur-ubur yang diketahui. Nah, berikut ini macam-macam ubur-ubur yang ada di perairan Indonesia, mungkin salah satunya ada di daerah kalian  atau kalian sudah pernah melihatnya.

Jenis Ubur-ubur Perairan Indonesia

Ubur-ubur Emas / Ubur-ubur Emas

jenis ubur-ubur perairan indonesia

Ubur-ubur Emas (bacaterus.com)

Memiliki nama ilmiah Mastigias papua etpisoni, ubur-ubur ini berbentuk seperti kubah berwarna emas atau putih kecoklatan begitu pula dengan tentakelnya. Ternyata tidak semua ubur-ubur hidup di laut. Ubur-ubur jenis ini hidup di danau air asin. Danau ini penuh dengan ubur-ubur, sudah begitu lama tidak kembali ke laut sehingga mereka benar-benar kehilangan sengatannya. Mereka menggunakan sebagian besar hari mereka bermigrasi harian bolak-balik danau, dengan secara aktif menavigasi lingkungan mereka. Kamu dapat menemukan mereka di Danau Misool Raja Ampat, Papua Barat, Danau Kakaban, Kalimantan Timur dan Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah.

Ubur-ubur Bulan

jenis ubur-ubur perairan indonesia

Ubur-ubur Bulan (bacaterus.com)

Saucer Jelly atau Common Jelly, biasanya masayarakat indonesia mengenalnya dengan nama ubur-ubur bulan. Banyaknya nama untuk ubur-ubur ini karena tubuhnya sangat mencolok dengan kecantikan yang dimilikinya. Lalu ubur-ubur ini tampak tembus pandang dengan ukuran 25-40 cm dan memiliki efek sengatan ringan.

Ubur-ubur Terbalik

jenis ubur-ubur perairan indonesia

Gambar Ubur-ubur Terbalik (bacaterus.com)

Biasanya mereka bisa kita temukan di daerah pantai yang lebih hangat. Tak hanya di laut, habitatnya juga ditemukan di rawa-rawa bakau dangkal. Ubur-ubur ini dapat ditemukan berbaring di dasar danau yang dangkal untuk mendapatkan sinar matahari, termasuk Danau Kakaban, Kalimantan Timur.  Cassiopea andromeda atau biasa dikenal dengan nama ubur-ubur terbalik karena medusa mereka biasa hidup terbalik di bagian bawah. Untuk ciri-ciri ubur-ubur ini memiliki sengatan ringan dan mungkin ada banyak orang dengan beragam warna putih, biru, hijau, dan coklat.

Meskipun hampir semua ubur-ubur memiliki sengat, hanya beberapa yang sengatnya mematikan bagi manusia. Malah, ada juga ubur-ubur yang dapat disentuh dengan aman, namun tetap berhati-hati untuk memantau hewan lunak yang tidak memiliki tulang ini khususnya buat para optijen yang suka menyelam, nih!

 

Referensi:

nationalgeographic.grid.id

bacaterus.com

 

Penulis:

Aang Adam Anugrah

Creative Information and Communication OceanPulse

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *