Karang Lunak, Indah dan Banyak Manfaatnya Juga Lho!

Fenomena Bioluminesensi Membuat Laut Bercahaya
December 15, 2020
asal tumpahan minyak
Dari Manakah Tumpahan Minyak Itu Berasal?
December 18, 2020
karang lunak

Keindahan laut yang menakjubkan.

Berbicara keindahan laut memang tidak ada habis-habisnya. Selalu saja ada hal yang menakjubkan ditemukan. Mulai dari biota laut yang memesona, bentuknya yang unik, dan warna yang menarik. Masih banyak yang belum dieksplorasi seperti jenis hewan tingkat yang paling rendah seperti cacing, moluska, sampai ke tingkat tinggi seperti kelompok ikan. Begitu juga dengan tumbuhan seperti lamun sampai dengan alga yang tingkat rendah. Flora dan fauna tersebut mempunyai bentuk serta warna yang indah dan menarik yang selalu saja membuat kagum. Dari berbagai macam keanekaragaman hayati, salah satu biota laut yang secara umum sering dikenal ialah terumbu karang. Ialah ekosistem yang dianggap penting dan merupakan komponen kedua terbesar setelah karang batu. Ekosistem terumbu karang juga mempunyai peranan penting dalam ekologi terumbu karang ialah karang lunak. 

Apa itu karang lunak?

Karang lunak adalah salah satu komponen pembentuk terumbu karang, dan lebih dikenal dengan istilah soft coral atau Alcyonaria. Anggota Alcyonaria sama seperti karang batu, yang memiliki bentuk seperti bunga yang berukuran kecil. Secara sepintas, Alcyonaria nampak seperti tumbuhan, karena bentuk koloninya yang bercabang-cabang seperti pohon dan melekat. Karang lunak juga pemasok senyawa karbonat dan berkontribusi besar bagi keanekaragaman hayati lautan. Pada umumnya karang ini memiliki warna yang indah. Warna-warni ini dihasilkan oleh alga yang hidup pada jaringan tubuh karang, sehingga menghasilkan warna yang cantik seperti hijau, kuning, hingga coklat.

Habitat karang laut

Karang lunak dapat ditemukan dari rataan terumbu sampai kedalaman 10 meter, karang laut ini melekat pada bekas atau karang mati. Lokasinya juga sering menyebar pada kedalaman dibawah surut terendah untuk menghindari proses pengeringan.  Keanekaragaman jenis karang tersebut umumnya ditentukan oleh kondisi perairan yang jernih dan tidak memiliki arus kuat dengan tingkat kecerahan yang cukup untuk pertumbuhannya serta kedalaman perairan yang merupakan salah satu faktor pembatas dalam suatu ekosistem, terutama bagi hewan karang. Faktor kedalaman yang sangat berhubungan dengan cahaya dan tingkat kecerahan perairan, menyebabkan banyaknya variasi dalam struktur komunitas karang. Ada juga beberapa kelompok karang lunak yang dapat dijumpai pada perairan di khatulistiwa sampai perairan kutub. Bahkan perairan dangkal dan hangat di daerah tropis.

Manfaat Karang Lunak

Karena karang lunak memiliki berbagai macam warna yang indah dan bentuk yang uniknya dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata bawah laut karena keindahannya tersebut. Selain itu, karang laut dipercaya mengandung senyawa bioaktif yang mempunyai sifat sitotoksin, anti tumor, anti virus, anti inflamasi, anti fungi dan lainnya. Sebagai sumber senyawa bahan alami, karang lunak juga memiliki manfaat yang lain yakni digunakan sebagai indikator biologi untuk pemantauan pencemaran laut, indikator dalam interaksi komunitas. Jadi karang lunak sangat berarti bagi ekosistem laut. Selain itu juga karang lunak merupakan hewan bernilai ekonomis untuk hiasan akuarium laut. Wah, banyak sekali ya manfaatnya!

Setelah pemaparan mengenai karang lunak yang banyak sekali manfaatnya ini, entah bagi ekosistem laut maupun bagi manusia. Maka dari itu, yuk sama-sama menjaga terumbu karang tetap lestari! Dengan menjaga kebersihan laut serta menangkap ikan tanpa merusak terumbu karang.

karang lunak

Infografis

 

Referensi:

Manuputty, A. E. (1996). Pengenalan beberapa karanglunak (Octocorallia, Alcyonacea) di lapangan. Oseana21(4), 1-11.

Manuputty, A. E. MENGENAL Dendronephtya spp.(OCTOCORALLIA, ALCYONACEA), SI CANTIK DARI LAUT.

Soedharma, D., Kawaroe, M., & Haris, A. (2016). Kajian Potensi Bioaktif KarangLunak (Octorallia: Alcyonacea) Di Perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Ilmu-Ilmu Perairan dan Perikanan Indonesia12(2), 121-128.

Putra, A. G., & Widyorini, N. (2015). Hubungan Kelimpahan Ikan dan Tutupan KarangLunak dengan Kedalaman yang Berbeda di Pulau Menjangan Kecil Taman Nasional Karimunjawa, Jawa Tengah. Management of Aquatic Resources Journal4(2), 17-27.


Penulis:

Shenny Berliana

Artikel ini ditulis dalam rangka Final Project Creative Information and Communication Internship Program 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *