Serunya Magang di BPBAP Situbondo

pengalaman kuliah di jurusan budidaya perairan
Pengalaman Kuliah di Jurusan Budidaya Perairan
February 25, 2020
Wisata di Pulau Belitung: Destinasi Wajib Pencinta Laut!
March 6, 2020
magang di BPBAP Situbondo,

Hai, Optijen ! Kenalin nama aku Bella Vista Feroza, biasa disapa Bella. Aku dari jurusan budidaya perairan (BDP) atau biasa disebut akuakultur dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau (UNRI) angkatan 2017 dan baru saja menyelesaikan praktek magang.

Baiklah, di sini aku akan berbagi cerita tentang pengalamanku selama magang di BPBAP Situbondo, Jawa Timur selama 1 bulan.

Pertama, kita harus tahu dulu yuk, apa itu magang ?

Apa itu magang?

Magang adalah bagian dari pelatihan kerja, biasanya magang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir atau siswa SMK kelas 3 (PKL) sebagai salah satu syarat utama untuk menyelesaikan proses pendidikan. Nah, karena aku sudah memasuki semester 6, jadi aku sudah melaksanakan praktik magang. Dikampusku, magang memiliki bobot 3 sks. Magang memiliki tujuan dan manfaat yang banyak, salah satunya yaitu kita jadi bisa terjun langsung ke lapangan pekerjaan yang sesuai dengan bidang atau jurusan kita. Jadi, kita tidak hanya belajar teori dari kampus saja.

Biasanya orang menyebut magang itu dengan sebutan PKL (Praktek Kerja Lapangan). Kedua istilah tersebut memiliki makna yang sama, hanya penempatan saja yang berbeda. Istilah magang biasa digunakan untuk mahasiswa sedangkan PKL untuk siswa SMK kelas akhir.

Magang juga bermanfaat agar mahasiswa lebih mendalami ilmu dari jurusan yang diambilnya dan diaplikasikan. Magang di ruang lingkup akuakultur tidak jauh-jauh dari pembenihan ikan (segala jenis ikan, crustacea, pakan alami, dsb), pemijahan ikan, pemeliharaan larva ikan, pembesaran ikan, kesehatan ikan, kultur pakan alami, dsb. Biasanya bertempatkan di BBI (hatchery) seperti balai-balai besar dibawah DJPB yang ada di Indonesia serta PT yang berhubungan dengan akuakultur seperti pabrik pakan. Waktu magang macem-macem guys, ada 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan sampai 5 bulan.

Persiapan Sebelum Magang

Sebelum melakukan praktik magang, biasanya kita terlebih dahulu menyiapkan proposal dari kampus dan berkonsultasi dengan dosen pembimbing masing-masing, guys. Setelah menyusun persyaratan administrasi magang, lalu siap-siap untuk pergi magang! Oh iya, optijen jangan lupa jauh-jauh hari kita harus menghubungi pihak balai yang kita tuju ya! Dan sering-sering berkomunikasi dengan mereka. Setelah itu, kita mulai deh magang! Sesudah magang kita biasanya diminta dari pihak balai/instansi untuk memaparkan hasil yang kta dapat selama magang.

magang di BPBAP Situbondo

Bella (kedua kiri) dan teman-temannya sewaktu magang di BPBAP Situbondo, Jawa Timur.

Ngapain aja waktu magang?

Kegiatan yang aku laksanakan selama magang yaitu pada minggu pertama penyambutan dan pengenalan lingkungan balai, minggu kedua pengenalan hatchery dan magang, minggu ketiga pemaparan hasil magang dan minggu keeempat perpisahan dengan balai. Aku ngambil judul “Teknik Pembenihan Ikan Kerapu Cantang di BPBAP (Balai Perikanan Budidaya Air Payau) Situbondo”. Tahap kegiatannya ada dua unit pemeliharaan induk dan unit pemeliharaan. Awalnya aku ditempatkan di unit induk untuk mengetahui proses pemeliharaan, perawatan, manajemen pakan, kualitas air serta yang paling penting, dan yang aku suka yaitu waktu hibridisasi! Seru banget, optijen! Berhubung saya mengambil komoditas kerapu cantang, maka perlu diadakan hibridisasi antara induk kerapu macan betina dengan induk kerapu kertang jantan. Kegiatannya seru sekali dan kita jadi dapat ilmu baru! Mulai dari seleksi induk, persiapan wadah, stripping, penebaran telur, dsb. Tahap-tahapnya banyak sekali rekan-rekan.

Setelah hibrid, lalu pindah ke unit pembenihan. Nah, di sini hasil telur yang didapatkan dari proses hibrid akan dihitung FR, HR, dan SR nya sampai panen dan diadakan pengamatan pada penetasan telur menjadi larva. Kita harus mengamatinya setiap saat telur yang sudah kita ambil di bawah mikroskop di waktu malam hari, jadi bisa dibilang begadang gitu deh semalaman hehe.

Tahap selanjutnya, baru deh pemeliharaan larva. Kita diajari bagaimana cara merawat larva dengan baik dan benar mulai dari awal menetas sampai jadi benih. Larva harus dirawat dan dijaga baik-baik loh guys hehe, soalnya sangat sensitif. Ya, sekalian latihan rawat anak (wkwk bercanda) kita harus tahu tahap-tahapnya yang benar agar benih bertahan hidup.

Belajar sebanyak-banyaknya!

Selama magang, aku juga dapat ilmu tambahan selain dari teori di kampus yaitu dari teknisinya guys! Oh iya, saranku selama magang dengan judul apapun itu apalagi kalo kamu di bidang perikanan dan kelautan banyak-banyakin nanya deh sama teknisi tiap unitnya, terkadang ada ilmu tambahan loh! Magang juga mengajarkan kita bagaimana bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, terutama dengan menyalurkan dan mengembangkan ilmu yang kita dapat selama di kampus. Kita juga belajar tatakrama dan sedikit banyaknya kita jadi tahu masalah administrasi kerja di kantor, seru kan?

Satu lagi nih optijen, selama magang coba pergi ke unit-unit lain di tempat kamu magang. Jadi kita tidak hanya dapat ilmu di komoditas yang kita ambil. Isitilahnya “curi-curi ilmu” nya deh hehe.

Gimana gambaran magangnya? Seru kan magang?

Disini ada beberapa tempat magang di Indonesia dan dibawah naungan DJPB (Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya).

Kumpulan Nama Balai/Instansi Berkaitan Dengan Akuakultur :

  • Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo (Situbondo, Jawa Timur)
  • Balai Budidaya Laut (BBL) Batam (Batam, kepulauan Riau)
  • Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPAP) Jepara (Jepara, Jawa Tengah)
  • Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar (Bogor, Jawa Barat)
  • Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Jambi (Sungai Gelam, Jambi)
  • Pusat Budidaya Air Tawar Sukabumi (Sukabumi, Jawa Barat)
  • Balai Budidaya Laut (BBL) Ambon (Ambon, Maluku)

Dan masih banyak lagi!

Kenapa aku memilih magang di  BPBAP Situbondo?

Dari awal semeter 5 aku berencana untuk memilih judul komoditas ikan laut dan terpilihlah ikan kerapu cantang. Setelah berkonsultasi dengan dosen pembimbing, aku pun memilih tempat di Situbondo, Jawa Timur karena komoditas kerapu terbesar dan terbaik di Indonesia berada di BPBAP Situbondo. Dalam penyusunan proposal magang, aku mencantumkan kerangka-kerangka kegiatan yang bakal dilakui disana guys. Selain kerapu, ada juga kakak, bandeng, udang vannamei, dan rumput laut yang menjadi komoditas “primadona” di BPBAP Situbondo. Balainya sangat luas, fasilitas yang disediakan juga sangat bagus, SDA dan SDM-nya pun baik. Aku mengikutin rangkaian kegiatan magang dengan bantuan dan arahan dari pegawai di BPBAP Situbondo. Mereka sangat ramah, bertanggung jawab dan tidak pelit ilmu.

Jadi, gimana rekan-rekan? Bagi kamu yang mau persiapan magang, semangat yah!!

Magang di BPBAP Situbondo

 

Baca Juga

Pengalaman Kuliah di Jurusan Budidaya Perairan

 

Penulis: Bella Vista Feroza


Terima kasih, Bella sudah berbagi cerita!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *