5 Makanan Hasil Laut yang Harus Kamu Coba!

4 Rekomendasi Wisata Seru di Kepulauan Seribu
June 26, 2019
abrasi
Apa itu Abrasi?
July 2, 2019

Kalau ditanya makanan hasil laut paling disuka pasti bingung, soalnya banyak banget macamnya. Tidak usah pakai bumbu macam-macam hanya garam dan direbus sederhana saja udah enak banget. Mulai dari dibikin sup, dibakar, digoreng, atau dikukus, banyak cara memasak makanan hasil laut ini. Ternyata ada orang yang tidak berpikir dua kali untuk makan makanan laut ini, atau seafood, karena rasanya yang sangat enak. Akan tetapi, ada beberapa orang juga hati-hati sekali karena seafood mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Eits, tetapi tenang aja ya Optijen, semua makanan sehat kok, apalagi makanan laut, asal makannya tidak berlebihan hehehe nanti kalian bisa kanker alias kantong kering.

Tulisan kali ini mau membahas beberapa jenis makanan hasil laut yang patut banget kamu coba. Masakan-masakan berikut dimasak dengan berbagai macam cara loh.

Sushi atau sashimi

Dulu pas masih anak-anak, saya termasuk orang yang tidak suka sushi karena jijik dengan bentuknya dan belum familiar dengan rasanya. Akan tetapi, setelah beranjak dewasa mulai bisa memahami rasa ‘aneh’ dari sushi atau sashimi. Ternyata enak banget dan ketagihan. Sushi yang kita kenal berasal dan terkenal dari Jepang, tetapi ternyata pertama kali dibuat oleh penduduk asli China loh. Sekitar abad ke-19, Hanaya Yoheii membuat perubahan terhadap jenis sushi China ini, dengan menempatkan ikan di atas balutan nasi. Sekarang sushi, bukan hanya menjadi makanan sehari-hari saja tetapi lebih kompleks daripada itu. Ada sejarah yang bisa diceritakan dari setiap ikan yang dipakai atau keahlian koki dalam membuatnya.

makanan hasil laut

Gambar 1. Berbagai macam tipe sushi[1]

Gulai Kepala Ikan

Indonesia kaya akan rempahnya. Perpaduan rempah ini bisa dikaryakan menjadi bumbu yang lezat, salah satunya bumbu gulai. Tanah Sumatra terkenal akan berbagai masakan gulai yang gurihnya, salah satunya adalah gulai kepala ikan. Kepala ikan kakap adalah jenis ikan yang sering dipakai dalam menu gulai ini karena ukuran kepalanya yang besar. Sekarang, kepala ikan sudah menjadi bagian ‘seksi’ yang dicari juru masak karena permintaan yang banyak. Keseruan mencari daging yang tersembunyi menarik banyak orang apalagi bumbu gulainya yang meresap.[2]

makanan hasil laut

Gambar 2. Menggiurkannya gulai kepala ikan[3]

Udang rebus

Masak-memasak tuh kadang terkenal sama ribetnya, apalagi masakan Indonesia. Ada bumbu yang perlu dihalusin, ada yang dicacah, ada yang dimasukin aja seutuhnya, intinya semua membuat masakan menjadi lebih enak. Eits, tetapi binatang laut tuh direbus aja udah enak loh. Salah satunya adalah udang. Kalau udangnya seger, wah pas banget buat direbus aja. Merebus udang biar lembuh dan gurih ada caranya juga. Selain menyiapkan udang yang segar dan bumbu yang diracik, udang direbus sekitar 3 -5 menit sampai warnanya berubah[4]. Setelah itu, udang ditiriskan dan rendam dalam es batu. Nulis begini aja langsung bikin ngiler, tambah sambal makin mantap jiwa. Hidup udang rebus!

makanan hasil laut

Gambar 3. Segarnya udang rebus menampilkan rasa manis asli[5]

Ikan bakar

Olahan makanan ini menjadi kesukaan banyak orang karena rasa gurih, manis dan pedas yang bisa dirasakan bersamaan. Setiap tempat akan menyajikan rasa yang berbeda tergantung dengan bumbu racikan mereka. Beberapa bumbu yang bisa menjadi olesan di ikan adalah bumbu kecap, bumbu pedas manis, bumbu rica-rica, dan bumbu kuning[6]. Ikan bakar dikenal di seluruh dunia, tetapi identik berasal dari Indonesia dan Malaysia. Apalagi dengan cara memasak diatas batu atau arang, menjadikan rasanya lebih spesial lagi. [7]

makanan hasil laut

Gambar 4. Ikan bakar bumbu kecap[8]

Pempek

Makanan khas kota Palembang ini pas sekali untuk dicemil. Bentuknya yang bermacam-macam membuat kita tak bosan menikmatinya, ada pempek lenjer (berbentuk panjang), pempek kapal selam (dengan isi telur di dalamnya), pempek pustel/pastel, pempek adaan (berbentuk bulat), pempek kulit dan pempek tahu. Ternyata nama asli makanan ini adalah kelesan, pempek adalah plesetan dari sebutan empek (yang artinya sebutan bagi orang China yang menjual kelesan)[9].

makanan hasil laut

Gambar 5. Pempek dan segala macamnya[10]

Mau dibahas satu-satu bakal tidak ada habisnya. Semakin dibahas, semakin lapar perut ini membayangkan makanan. Yang jelas teruntuk Optijen, selamat berburu makanan laut yang enak-enak ini dan semoga kalian sehat selalu ya!

 

Penulis: Annisa Aulia Handika

 

Referensi:

[1] https://www.weightwatchers.com/us/article/lets-go-out-forsushi-what-eat

[2] https://kumparan.com/@kumparanfood/sejarah-dan-jenis-jenis-gulai-yang-khas-di-indonesia-1547526143548998279

[3] https://www.unileverfoodsolutions.co.id/id/recipe/gulai-kepala-ikan-kakap-R0056304.html

[4] https://food.detik.com/info-kuliner/d-2660512/agar-udang-rebus-renyah-dan-manis-ikuti-tips-cara-merebus-ini/1/#news

[5] https://food.detik.com/info-kuliner/d-4276408/ini-cara-gampang-rebus-udang-ala-resto-seafood

[6] https://food.detik.com/info-kuliner/d-4361155/mau-bikin-ikan-bakar-ini-5-bumbu-ikan-bakar-paling-populer

[7] https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_bakar

[8] https://foodizz.id/blog/resep-ikan-bakar-bumbu-kecap-yang-simpel-namun-sedap/

[9] https://travel.kompas.com/read/2017/04/04/091000927/nama.asli.pempek.dan.asal.usulnya.yang.unik

[10] https://makassar.tribunnews.com/2019/01/06/tribunwiki-9-tempat-makan-pempek-palembang-di-makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *