Memilih Jurusan Ilmu Kelautan, Apa yang Harus Disiapkan?

kuliah di jurusan oseanografi
Kuliah di Jurusan Oseanografi, Bagaimana Suka Dukanya?
August 12, 2020
proses terjadinya enso
Proses Terjadinya ENSO
August 19, 2020
memilih jurusan ilmu kelautan

Memilih Jurusan Kelautan

Kisah tentang Anna

Anna adalah seorang lulusan SMA baru dengan nilai yang memuaskan. Alih-alih merasa senang, Anna dilanda kegalauan.  Teman-temannya sudah memantapkan pilihan akan kuliah di jurusan apa, sedangkan ia masih kebingungan menentukan arah. Anna bisa saja melanjutkan pendidikan di Universitas yang ia inginkan, tapi tidak tahu hendak memilih jurusan apa.

Pergi Liburan

Lalu, Anna memutuskan berlibur ke suatu pulau untuk menghilangkan kegalauannya. Ia mengemas barang-barang yang sekiranya diperlukan untuk liburan tersebut: pakaian ganti, handuk, alat mandi, botol minum, tempat makan dan sejumlah uang untuk ongkos perjalanan.

Sesampainya di pulau, Anna terkagum dengan pemandangan yang ia hadapi. Langit cerah membentang luas, gelombang kecil menari-nari di atas lautan. Ia menyadari suara ombak yang menenangkan dan angin yang membelai rambutnya. Perlahan-lahan beban yang dipikulnya terangkat. Untuk sesaat, Anna tidak lagi memikirkan jurusan apa yang harus ia pilih. Anna memutuskan untuk berenang di lautan yang bening itu.

Takjub akan Keindahan Laut

Dengan bantuan pelampung, fin, snorkel, dan masker yang ia sewa dari guide setempat, Anna berenang mengitari pulau itu. Ia lebih takjub lagi ketika melihat warna warni terumbu karang yang dihuni oleh bermacam jenis ikan. Tetapi, ada banyak hal yang tidak ia ketahui tentang apa-apa yang ada di bawah laut. Anna penasaran dengan kehidupan bawah laut.

Sepulangnya dari liburan itu, Anna mencoba mencari-cari jurusan yang berhubungan dengan kehidupan laut. Tidak butuh waktu lama untuk menemukan program studi Ilmu Kelautan. Setelah melihat-lihat mata kuliah yang ditawarkan, Anna memantapkan diri: Ia akan memilih program studi Ilmu Kelautan.

Siap Memilih Jurusan Ilmu Kelautan?

Jika kamu adalah Anna, atau setidaknya ada di fase yang sama seperti Anna, OceanPulse punya tips, nih, buat kamu! So, sebelum kamu memilih untuk melanjutkan pendidikan di program studi Ilmu Kelautan, disimak dulu, ya, Optijen!

Fisik dan Mental

Kuliah di Ilmu Kelautan itu tidak sesantai yang kamu banyangkan, lho! Nantinya kamu akan sering menemui praktikum. Nah, praktikum ini biasanya ada yang di laboratorium atau di lapangan atau dua-duanya.  Biasanya, praktikum ini memakan waktu yang tidak sebentar, lho! Salah satu contohnya adalah mengukur gelombang dan pasang surut di pantai selama 24 jam!

 

Baca Juga: Apa Perbedaan Jurusan Ilmu Kelautan dan Oseanografi? 

 

Laporan Tulis Tangan?

Eits, tidak sampai di situ saja. Bukan praktikum namanya kalau tidak ada laporannya. Nah, di awal-awal kuliah biasanya laporan harus dikerjakan dengan tulis tangan, so, siap-siap jarinya keriting, ya! Makanya, kamu butuh fisik yang kuat, atau setidaknya tahu batas tentang kemampuan fisik yang kamu miliki. Ini berguna supaya nantinya kamu tidak kaget dengan praktikum dan laporan yang menggunung, hihi.

Siap Merantau

Selain fisik, kamu juga butuh mental yang kuat. Kalau dibandingkan dengan program studi lain, hanya sedikit Universitas yang punya prodi Ilmu Kelautan. Artinya, kamu harus siap kalau harus merantau demi prodi yang kamu inginkan ini. Kamu harus mulai terbiasa hidup jauh dari rumah, kalau gamau ngerasain pedihnya homesick, huhu. Selain itu, kamu juga harus siap dikejar pertanyaan yang itu-itu aja dari temen-temen kamu seperti: “kuliah kelautan yang dipelajarain apa?”, “nanti kalo kerja dimana, dong?”, “gajinya gede ngga tuh?”. Nah, untuk menjawab pertanyaan seperti itu, kamu bisa cari tahu di websitenya OceanPulse.

Keberanian dan Keinginan Untuk Mencoba

Ketika kamu memantapkan pilihan di program studi Ilmu Kelautan, hampir bisa dipastikan kamu akan sering berhadapan dengan air. Baik itu air tawar ataupun air asin. Tidak jarang pula kamu diharuskan mengambil specimen (bahan untuk praktikum) di air ini. Nah, untuk itu, kamu diharuskan bisa berenang. Terus gimana kalau belum bisa berenang? Tenang saja, bakal ada mata kuliahnya, kok! Kamu akan diajari sama kakak asisten atau dosennya, tentu saja, sampe bisa. Tapi dengan satu catatan, kamu berani dan mau nyoba, ya!

Ngga Cuma di renang aja, ada banyak mata kuliah yang mengharuskan kamu berani mencoba. Misalnya, mata kuliah pemetaan. Di mata kuliah ini kamu bisa eksplor berbagai teknik untuk menampilkan suatu wilayah. Biasanya, ada software yang dibuat khusus untuk pemetaan ini, seperti GIS. Selain itu, ada juga software pendukung seperti ENVI. Kalau mau tau software apa aja bisa cek disini ya!

Kemampuan Networking

Seperti yang sempat disinggung, prodi Ilmu Kelautan ini jumlahnya tidak sebanyak prodi lain. Prospek kerjanya juga tidak se-mainstream prodi kebanyakan. Nah, untuk itu kamu jangan jadi ‘katak dalam tempurung’. Kemampuan networking kamu bakal berguna banget jika kamu sudah lulus dan akan mencari kerja. Cobalah untuk cari tahu lebih dalam tentang track record alumni yang sudah kerja. Dianggap SKSD juga tidak masalah asal ada sopan santunnya, ya! Sebab, siapa tahu karena kamu kenal dengan salah satu alumni yang sudah kerja di satu NGO, eh, tiba-tiba ditawarin proyek untuk kerja bareng?

Terus gimana kalo aku orangnya introvert? Jangan khawatir, semua bisa dipelajari, kok! Lagipula, anak-anak Ilmu Kelautan biasanya kompak dan solid. Mulai sekarang coba latihan di sekeliling kamu dan tidak usah ragu untuk coba sosialisasi ke siapapun. Eits, tapi karena lagi pandemi, jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan, ya, Optijen!

Yakini Dirimu!

Nah, itu dia hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih jurusan Ilmu Kelautan. Gimana, nih, Optijen? Setelah OceanPulse kasih tips, kamu jadi mikir-mikir lagi atau makin yakin buat memilih jurusan Ilmu Kelautan? Semoga semakin yakin, ya! Sebab laut kita butuh banyak sekali orang-orang yang peduli dan mau merawat kelestariannya. Dan semoga saja, baik Anna atau pun kamu, adalah salah satu orangnya.

 

Penulis:

Muh. Iqbal Kenedi

Creative Information and Communication Intern OceanPulse

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *