Mengapa Ada Arus Laut?

Wisata di Pulau Belitung: Destinasi Wajib Pencinta Laut!
March 6, 2020
Pulau-Pulau Kecil Terluar di Indonesia
March 13, 2020
Mengapa Ada Arus Laut

Kita sering kali mendengar banyak peristiwa kecelakaan baik manusia maupun kapal yang terseret oleh arus laut. Lalu apa sih sebenarnya arus laut itu? Mengapa ada arus laut yang terjadi?

Definisi Arus Laut

Menurut Hadi dan Radjawane (2009), arus laut adalah gerakan horisontal massa air laut yang disebabkan oleh gaya penggerak yang bekerja pada air laut seperti angin, perbedaan tekanan, gelombang laut dan pasang surut (pasut). Jadi arus merupakan perpindahan massa air dari suatu tempat ke tempat lain.

Mengapa Ada Arus Laut: Klasifikasi Arus Laut Berdasarkan Pembangkitnya

Berdasarkan pengertian sebelumnya, terdapat 4 hal yang dapat membangkitkan arus laut yaitu angin, distribusi densitas, gelombang laut dan pasang surut. Berikut penjabaran masing-masing faktor pembangkitnya.

Arus yang Berhubungan dengan Distribusi Densitas

Laut memiliki densitas atau massa jenis yang beragam. Kandungannya dapat berbeda-beda bergantung pada salinitas (kadar garam), temperatur, dan tekanannya. Densitas air laut yang berbeda-beda menyebabkan terjadinya perbedaan (gradient) densitas antara satu tempat dengan lainnya. Pada air laut yang memiliki densitas rendah, tekanan airnya akan lebih besar dan muka air lautnya akan lebih tinggi. Sedangkan air laut yang memilki densitas tinggi, tekanan dan muka air lautnya akan lebih rendah. Dari kedua kondisi tersebut, terjadilah gradient tekanan. Kemudian, air laut akan bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Gradien tekanan tersebutlah yang menjadi gaya pendorong sehingga terjadinya arus. Contoh dari arus berikut adalah arus geostropik, arus densitas, dan sirkulasi termohalin.

Arus yang Dibangkitkan oleh Angin

Arus laut dapat dibangkitkan oleh angin yang bergerak di atas permukaan laut. Angin yang bertiup tersebut akan mendorong lapisan permukaan air. Kemudian lapisan permukaan air tersebut akan mendorong lapisan air di bawahnya, dan seterusnya. Arus yang dipengaruhi oleh angin berada pada lapisan permukaan hingga kedalaman 100 – 300 meter (Hadi dan Radjawane, 2009). Hal tersebut terjadi karena semakin ke dalam, kecepatan arusnya akan berkurang akibat adanya viskositas air laut.

Arus yang Dibangkitkan oleh Gelombang

Gelombang yang pecah di tepi pantai dapat membentuk sudut dengan garis pantai serta menimbulkan momentum tegak lurus dan sejajar pantai. Momentum sejajar pantai tersebut membangkitkan arus sejajar pantai, sedangkan momentum tegak lurus menggerakan massa air tegak lurus pantai. Contoh dari arus yang dibangkitkan oleh gelombang adalah arus sejajar pantai (longshore current) dan arus tegak lurus pantai (rip current).

Arus yang Dibangkitkan oleh Pasang Surut

Pasang surut merupakan naik turunnya permukaan air laut akibat adanya gaya tarik Bumi, Bulan dan Matahari. Peristiwa tersebut juga disertai dengan gerakan horizontal massa air yang bergerak secara periodik. Arus pasang surut berbeda-beda tiap tempat, bergantung pada karakteristik pasang surut, kedalaman air dan konfigurasi pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *