Mengenal Lebih Jauh Jurusan Kelautan

Tertarik Mengambil Jurusan di Bidang Kelautan?
January 16, 2019
Bincang-Bincang Jurusan Ilmu Kelautan
January 21, 2019

Hai optijen! Jika pada artikel sebelumnya sudah dikenal sedikit mengenai jurusan kelautan di Indonesia, sekarang saatnya mengenal lebih dekat lagi. Jurusan yang akan dibahas adalah ilmu kelautan, oseanografi dan teknik kelautan. Kesamaan dari ketiga jurusan tersebut tentunya adalah mempelajari hal yang berkaitan dengan laut. Lalu apa yang menjadi pembeda dari ketiga jurusan tersebut? Yuk kita bahas sama-sama!

Ilmu Kelautan

Program studi yang pertama dibahas adalah Ilmu Kelautan. Mendengar namanya saja tentu orang sudah tahu bahwa di jurusan ini mahasiswanya akan mempelajari seluk beluk tentang lautan. Biasanya jika kamu mengambil jurusan ilmu kelautan ini, kamu akan mempelajari lautan secara luas dan umum. Lalu ketika perkuliahan berlangsung kamu dapat memilih bidang apa yang ingin dipelajari lebih lanjut. Salah satu contoh di Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya terdapat empat bidang konsentrasi yaitu konservasi, eksplorasi, oseanografi dan bioteknologi. Jadi ketika memilih Ilmu Kelautan, kamu masih punya kesempatan untuk tahu banyak soal lingkup kelautan itu sendiri mulai dari berbagai aspeknya dan memilih bidang mana yang akan ditekuni.

Oseanografi

Berikutnya yang akan dibahas adalah jurusan Oseanografi. Oseanografi merupakan cabang dari Ilmu Kelautan itu sendiri yang lebih fokus pada pembelajaran sifat fisis dan dinamika lautan. Misalnya di jurusan ini kamu akan lebih memperdalam mengenai pasang surut, arus, gelombang dan sebagainya. Selain itu, di Oseanografi akan lebih diperdalam juga bagaimana menggambarkan kondisi laut ke dalam bentuk model 2 dimensi atau grafik. Di Oseanografi juga akan lebih banyak mempelajari ilmu fisika dan komputasi, jadi untuk kamu yang masih berpikir bahwa Oseanografi itu mayoritas belajar biologi, salah besar ya hehe. Mungkin di Oseanografi tetap ada biologinya, namun tidak begitu banyak.

Teknik Kelautan

Jurusan yang terakhir adalah Teknik Kelautan. Pada jurusan ini akan terdapat perbedaan yang cukup jauh dibandingkan kedua jurusan sebelumnya. Masih berhubungan juga dengan laut, namun pada jurusan Teknik Kelautan kamu akan lebih mempelajari ilmu strukturnya. Jadi kamu akan diajarkan bagaimana cara membangun struktur yang baik di daerah pesisir maupun lepas pantai. Teknik Kelautan merupakan salah satu bentuk pengaplikasian Ilmu Kelautan ke Teknik Sipil. Biasanya ahli Teknik Kelautan ini akan membutuhkan data-data kondisi perairan laut sepeti tinggi gelombang, pola arus, dan sedimen supaya dapat menciptakan struktur yang baik dan dapat berdiri kokoh dengan kondisi perairan yang ada.

Nah, kurang lebih begitu optijen sedikit penjelasan mengenai jurusan kelautan. Jika kamu masih ingin tahu lebih lanjut mengenai ketiga jurusan tersebut, tenang saja! Ocean Pulse masih akan membahas lebih rinci dengan narasumber yang bakal berbagi pengalamannya selama berkuliah di jurusan tersebut dan pastinya bakal seru! Nantikan terus yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *