Mengenal Ubur-Ubur Lebih Dekat

apa itu coral triangle
Apa Itu Coral Triangle?
June 9, 2020
software untuk mahasiswa kelautan
10 Software untuk Mahasiswa Kelautan
July 14, 2020

Mengenal Ubur-Ubur

Yuk kita mengenal ubur-ubur di artikel ini!

Laut menjadi rumah bagi begitu banyak biota laut, salah satunya adalah ubur-ubur atau jellyfish. Hewan laut ini memiliki bentuk yang unik. Ubur-ubur dapat ditemukan hampir di seluruh perairan laut, baik perairan dalam maupun dangkal. Ada juga ubur-ubur yang habitatnya di air tawar. Meskipun namanya jellyfish, tapi ubur-ubur ini bukan termasuk ikan. Bila ikan memiliki tulang belakang, sedangkan ubur-ubur termasuk hewan invertebrate (tidak bertulang belakang). Hewan yang dikenal dengan sengatannya ini termasuk pada filum Cnidaria dan subfilum Medusozoa.

Ubur-ubur 95% air

Ubur-ubur merupakan biota laut yang berenang bebas dengan sebuah tudung seperti payung di kepalanya dan tentakel-tentakel di bawahnya. Bila kita melihat ubur-ubur, hewan ini seperti tidak berwarna atau transparan. Hal tersebut karena hanya 5% saja badan dari ubur-ubur yang berbentuk padatan. Sisanya atau sekitar 95% dari tubuh ubur-ubur merupakan air. Ubur-ubur merupakan makhluk yang sederhana karena tidak memiliki otak, darah maupun jantung. Dalam tubuhnya terdapat tiga lapisan yaitu lapisan epidermis (bagian terluar), mesoglea (bagian tengah) yang terdiri dari zat kental, dan gastrodermis (lapisan inti). Ubur-ubur memiliki kemampuan untuk menyengat melalui tentakelnya. Sengatan ini berguna untuk memangsa makanannya, melindungi diri atau ketika merasa tidak nyaman dengan kondisi sekitarnya.

mengenal ubur-ubur

Struktur tubuh ubur-ubur (sumber: howstuffworks.com)

Siklus hidup

Ubur-ubur memiliki siklus hidup yang cukup kompleks. Dalam proses reproduksinya, terdapat dua fase yaitu seksual dan aseksual. Tahap seksual biasanya bermula pada medusa. Mulanya, sperma membuahi telur yang kemudian berkembang menjadi planula larva. Lalu berkembang menjadi polip dan kuncup menjadi ephyrae. Akhirnya berubah menjadi medusa dewasa. Tahapan tersebut mungkin saja ada yang dilewati pada beberapa spesies. Pada ubur-ubur jenis tertentu dapat bereproduksi dengan membelah dirinya menjadi dua.

mengenal ubur-ubur

Siklus hidup ubur-ubur (sumber: teara.govt.nz)

Sistem pencernaan yang sederhana

Ubur-ubur pada umumnya merupakan karnivora. Makanannya adalah plankton, crustacean, ikan kecil, telur ikan dan larva. Mereka makan melalui mulutnya yang berada di bagian bawah belnya. Kemudian makanan tersebut dicerna dalam struktur kantung yang disebut coelenterons atau rongga gastrovascular. Limbah makanan yang tidak dicerna akan dikeluarkan lagi melalui mulut tersebut.

 

Baca Juga

Kenapa Laut Berwarna Biru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *