Narwhal Si Unicorn Laut yang Nyata Adanya!

3 Jenis Ubur-Ubur Perairan Indonesia
September 8, 2020
5 Fakta Paus Pembunuh yang Menarik Diketahui
September 10, 2020
narwhal

Narwhal atau Narwhale dengan nama latin Monodon monoceros adalah bentuk nyata dari unicorn yang tinggal di laut. Biota laut ini berasal dari golongan paus atau Cetacea, family Monodontidae dan berkerabat dekat dengan paus beluga.

Taksonomi

Kingdom         : Animalia
Phylum            : Chordata
Class                : Mammalia
Order               : Artiodactyla
Family             : Monodontidae
Genus              : Monodon
Species            : Monodon monoceros (Linnaeus, 1758)

Tentang Narwhal yang Unik

narwhale

Narwhal memiliki tubuh yang unik dengan memiliki tanduk spiral. Tetapi, “tanduk” ini sebenarnya adalah gigi paus yang tumbuh lebih besar dan melebih batas. Tanduk ini seperti gigi pada umumnya, terdiri dari kumpulan kalsium dan mineral-mineral lain dan bisa tumbuh hingga 50 cm. Meskipun tanduk ini menjadi ciri khas paus ini, tetapi ada pula yang tidak memiliki tanduk dan ada yang memiliki 2 tanduk. Tanduk ini bukan hanya hiasan saja, tetapi memiliki fungsi yaitu sensor untuk membantunya mengetahui kualitas air dan untuk mendeteksi narwhal lainnya. Mereka merupakan karnivora yang memakan ikan halibut Greenland, ikan kod kutub, udang, atau cumi-cumi. Tanduknya juga membantu untuk mereka berburu mangsanya.

 

Baca Juga: Dugong Mamalia Laut, Bukan Mermaid

 

Warnanya Berubah Sesuai Umur

Warna Narwhal bergantung sesuai umurnya. Ketika baru lahir, badannya akan berwarna abu-abu kebiruan dan juvenilesnya berwarna biru kehitaman. Setelah dewasa, berwarna abu-abu berbintik. Ketika sudah tua, mereka akan berubah menjadi putih. Ukuran paus ini sekitar 13 – 20 kaki dan memiliki berat 1,5 ton!

Tidak Bermigrasi

Narwhal hidup menetap (tidak bermigrasi seperti paus pada umumnya). Mereka hidup di perairan Arktik Kanada, Greenland, Norwegia, dan Rusia. Selama musim dingin selama 5 bulan, mereka hidup di bawah es di daerah teluk Baffin – Selat Davis. Kemampuan menyelamnya berkisar sampai satu mil kedalamannya. Kemudian mereka akan ke permukaan untuk menghirup udara.

Ancaman Bagi Si Unicorn Laut

Setiap biota memiliki threats atau sesuatu yang mengancam keberadaannya. Dalam hal ini, Narwhal memiliki ancaman yang dapat menggangu kedamaian hidupnya yaitu eksplorasi minyak dan gas yang tidak ramah lingkungan. Selain itu, karena paus pada umumnya memiliki sensor tersendiri, maka kebisingan yang diciptakan oleh pembangunan bangunan laut, kapal pengiriman, dan polusi-polusi lainnya akan menggangu sensor paus sehingga menganggu komunikasi antar paus.

 

Referensi

https://www.indozone.id/fakta-dan-mitos/mnserP/narwhals-paus-yang-memiliki-taring-mirip-seperti-tanduk/read-all

https://www.worldwildlife.org/stories/unicorn-of-the-sea-narwhal-facts

https://www.nationalgeographic.com/animals/mammals/n/narwhal/

https://www.idntimes.com/science/discovery/dewi-8/fakta-paus-bertanduk-narwhal-exp-c1c2/5

 

Penulis

Gita Alisa 

Creative Information and Communication Intern OceanPulse

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *