Nudibranch, Biota Laut yang Mirip Kelinci!

webinar hmik undip
Webinar HMIK Undip 2020: Kebijakan KKP dalam Perspektif Konservasi Laut dan Kesejahteraan Nelayan
September 21, 2020
jala samudera institute
Jala Samudera Institute – Temu Wicara Samudera
September 25, 2020
nudibranch

Unik dan memesona, memiliki warna yang menarik serta sering dicari orang. Gimana nih Optijen, apa kamu juga berburu nudibranch sebagai objek fotografi bawah laut?

Nudibranch biasa dikenal dengan kelinci laut atau siput laut, mungkin karena bentuk rhinophores-nya mirip dengan telinga kelinci. Sayangnya tidak semua jenis, bentuk, warna dan ukuran yang sama.  Jenisnya pun banyak, ada sekitar lebih dari 3000 jenis. Biasanya mereka hidup di daerah intertidal dan sebagian besar tinggal di perairan tropis. Kita dapat menemukannya menempel pada sponge, karang, sedimen, dan substrat lainnya. Tubuhnya lunak, seringkali terlihat berwarna-warni dan tidak bercangkang layaknya siput. Tak jarang nudibranch menjadi objek fotografi yang menarik bagi para penyelam. Wah, unik ya si nudibranch ini!

nudibranch

Sensor yang Mirip Telinga Kelinci

Bagian yang mirip dengan telinga kelinci disebut dengan rhinophores. Fungsinya adalah sebagai sensor yang terletak di bagian kepala. Rhinophores ini sangat sensitif, digunakan untuk mengidentifikasi mangsa.

Dapat Berkamuflase dan Mengeluarkan Racun

Nudibranch merupakan hewan karnivora yang memakan sponge, karang, hewan-hewan kecil dan bahkan beberapa diantaranya memakan sesamanya, kanibal. Ya, mereka kanibal!

Nudibranch memiliki radula yang berfungsi seperti gigi yang digunakan untuk mengunyah makanannya. Ternyata mereka mendapatkan warna tubuhnya dari makanan yang dimakannya, sehingga ia dapat berkamuflase. Tak hanya itu, ia juga menyerap racun yang terdapat pada mangsanya dan suatu saat akan dikeluarkan sebagai salah satu caranya bertahan hidup dari predator.

Hewan Hermaprodit

Nudibranch adalah hewan hermaprodit yang artinya memiliki alat kelamin jantan dan betina, hal ini lebih memudahkannya untuk bereproduksi. Biasanya mereka memiliki umur yang kurang dari satu tahun, bahkan seringkali hanya satu bulan. Wah, ternyata singkat juga umur biota laut ini ya, Optijen!

Nah, itu dia beberapa fakta menarik tentang nudibranch, menarik bukan?

 

Referensi:

Cheney, KL & Wilson, NG (2018) Quick guide: Nudibranchs. Current Biology 28, R1–R16

Nudibranchs. https://www.nationalgeographic.com/animals/invertebrates/group/nudibranchs/. [Diakses pada Kamis, 17-09-2020 pukul 21.00 WIB]

Wisuda, Anton. 2019. Flabellina, Si Kelinci Laut Primadona. https://www.mongabay.co.id/2019/01/27/flabellina-si-kelinci-laut-primadona/. [Diakses pada Kamis, 17-09-2020 pukul 21.30 WIB]

 

Penulis:

Dewi Asri Anggraini

Creative Information and Communication Intern OceanPulse

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *