Ocean and Coastal Data Acquisition

Fenomena alam yang terjadi di laut sangatlah kompleks. Hal ini disebabkan oleh banyaknya peristiwa fisis yang terjadi bersamaan dalam durasi waktu tertentu. Belum lagi karakteristik geografis yang unik di tiap lokasi. Berbagai pendekatan dilakukan untuk menjelaskan proses terjadinya fenomena alam tersebut dan apa saja dampaknya bagi kehidupan sekitarnya. Kunci untuk menemukan proses dan dampak fenomena adalah tersedianya data yang cukup untuk diolah kemudian dianalisis. Disinilah kami menawarkan diri untuk data acquisition.

Proses Yang Dilakukan

Untuk pengambilan data dapat dilakukan observasi, survey dan juga memanfaatkan source data satelit (remote sensing). Tim kami telah berpengalaman di lapangan untuk melakukan observasi dan survey. Bekerja berdasarkan target, mengutamakan akurasi dan efisiensi juga keselamatan kerja.
Dari observasi dan survey kami dapat mengambil data fisis:
  • Di permukaan laut (arus, pasut, gelombang, angin, curah hujan, tekanan udara, kualitas air, dll)
  • Di kedalaman laut (kualitas air, kondisi coral reef, arus, pasut, gelombang, dll)
  • Di dasar laut (sedimentasi, transport sedimen, arus, pasut, gelombang, kualitas air dll)
Tampak pada ilustrasi berbagai instrumen digunakan untuk keperluan yang berbeda. Disini kami akan menggunakan instrumen yang paling optimal untuk pengambilan data. Kami juga menyediakan operator instrumen untuk akuisisi data di darat seperti topografi dan sipat datar. Hasil dari observasi dan survey ini adalah raw data yang siap diolah.
Sumber data citra satelit juga bisa kami ambil sesuai kebutuhan rekan kerja kami. Data citra satelit tersebut seperti temperatur permukaan laut (SST), elevasi muka laut (SSE), pergerakan angin dsb yang diperlukan untuk berbagai analisis. Hasil dari data acquisiton merupakan raw data yang siap diolah.

Tujuan akhir
Kami berharap rekan kerja kami dapat memenuhi kebutuhan datanya (raw data) melalui jasa ini. Kami juga tidak hanya menawarkan jasa sesuai order, tapi juga kami akan menawarkan skenario terbaik pengambilan datanya. Hal ini dilakukan agar rekan kerja kami lebih mengerti akan kebutuhan datanya.