Oseanografi Universitas Hang Tuah Surabaya

teknologi kelautan pkp pangandaran
Mengenal Progam Studi Teknologi Kelautan di Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran
October 6, 2020
Belajar Sambil Liburan di Pulau Hoga, Wakatobi
October 13, 2020
Oseanografi Universitas Hang Tuah

Oseanografi Universitas Hang Tuah

Indonesia tersusun oleh lebih dari 17.000 pulau yang tersebar dengan panjang garis pantai lebih dari 81.000 km. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai Negara yang dikenal memiliki sumber daya dan potensi pesisir dan kelautan yang melimpah ruah.  Terdapat ratusan daerah di Indonesia yang berbatasan langsung dengan laut. Kondisi tersebut hendaknya menjadikan haluan pembangunan Indonesia ke arah sektor kelautan. Sebab sektor kelautan menyumbang devisa negara yang tinggi setelah minyak. Maka dari itu mutlak untuk menjadikan Sektor Kelautan Indonesia sebagai perhatian utama untuk agenda pembangunan Indonesia mulai dari sekarang.

Oseanografi Universitas Hang Tuah

Oseanografi Universitas Hang Tuah Surabaya sebagai salah satu program studi yang mempelajari bidang Ilmu Kelautan membuka kesempatan bagi para pemuda-pemudi Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan Strata I (SI) bidang Oseanografi untuk ikut serta dalam membangun Kelautan Indonesia.

Kurikulum

Kurikulum yang dirancang sedemikian rupa sehingga memenuhi standar kompetensi kelautan dengan konsentrasi pada sifat-sifat fisika laut, seperti Gelombang, Pasang Surut, Arus, Temperatur, Salinitas, dll. Serta didukung dengan mata kuliah konsentrasi, seperti Sistem Informasi Geografis, Survey dan Pemetaan Laut, Penginderaan Jauh, Permodelan, dll. Diharapkan mampu membentuk lulusan-lulusan Oseanografi Univesitas Hang Tuah Surabaya menjadi Oseanografer Sejati yang siap membangun Kelautan Indonesia ke arah yang lebih maju.

Mitra dan Prospek Kerja

Mitra dan Prospek Kerja yang sangat luas menjadi keunggulan tersendiri bagi jurusan Oseanografi Universitas Hang Tuah Surabaya. Bagi yang ingin tergabung dengan para peneliti kelautan Dinas Hidro-Oseanografi TNI-Angkatan Laut Indonesia, Mabes TNI-AL bersama universitas menyediakan jalur beasiswa Perwira Karier (PK). Sebagai kampus naungan TNI-Angkatan Laut, para mahasiswa dan lulusan Oseanografi yang berminat mengikuti jalur Perwira Karier TNI-AL akan mendapat rekomendasi langsung dari Universitas. Selain itu, kesempatan berkarier di Kementrian Kelautan dan Perikanan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Oseanologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P3O-LIPI), Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), BMKG, serta berbagai perusahan-perusahan konsultan di bidang kebumian dan kelautan masih sangat terbuka lebar bagi para lususan sarjana kelautan, khususnya lulusan Oseanografi Universitas Hang Tuah Surabaya.

Lebih dari itu, pengajar program studi Oseanografi Universitas Hang Tuah Surabaya yang berkompetensi dan berkualifikasi S2 dan S3 baik dari dalam dan luar negeri menjadi keunggulan bagi program studi tersebut. Selain itu, didukung oleh para dosen luar biasa dari kampus-kampus negeri, seperti ITS, UNAIR, STT-AL, dan juga para praktisi kelautan lainnya. Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar serta praktek pada setiap praktikum, seperti Perpustakaan, Laboraturium Hidro-Oseanografi, Kimia, Fisika, Komputer dan Permodelan, dan dll.

Dalam kegiatan praktikum Oseanografi, tersedia fasilitas peralatan yang cukup memadai, seperti Current meter untuk pengukuran arus laut, Theodolite dan Waterpass untuk pengukuran Geodesi, GPS Geodetic dan Echo Sounder untuk survei pemetaan bawah laut, Secchidisk untuk pengukuran kecerahan air laut, Bottle Nansen untuk pengukuran temperatur air laut, peralatan SCUBA untuk kegiatan Oseanografi maupun konservasi terumbu karang, dan lain-lain.

 

Referensi:

Yudha Arie Wibowo https://blueenviro.wordpress.com/2019/03/08/oseanografi/ di akses pada hari Rabu 23/09/2020 pukul: 13:20

 

Penulis:

Taufik Hidayat

Creative Information and Communication Intern OceanPulse

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *