Apa itu Pasang Surut Air Laut?

Terumbu Karang dan Ancamannya
October 16, 2019
garis pantai
Apa itu Garis Pantai?
October 23, 2019
pasang surut air laut

Salah satu peristiwa di laut yang dapat kita sadari adalah pasang surut. Ketika di pantai, kita akan melihat posisi muka air laut yang semula di suatu titik, lalu beberapa jam kemudian air lautnya semakin mendekat ke darat. Jadi apa sih sebenarnya pasang surut air laut itu? Simak di artikel berikut yaa.

Pengertian Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air laut adalah naik atau turunnya posisi permukaan perairan atau samudera yang disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari. Ada tiga sumber gaya yang saling berinteraksi: laut, Matahari, dan bulan. Pasang laut menyebabkan perubahan kedalaman perairan dan mengakibatkan arus pusaran yang dikenal sebagai arus pasang, sehingga perkiraan kejadian pasang sangat diperlukan dalam navigasi pantai. Periode pasang laut adalah waktu antara puncak atau lembah gelombang ke puncak atau lembah gelombang berikutnya. Panjang periode pasang surut bervariasi antara 12 jam 25 menit hingga 24 jam 50 menit.

Tipe-tipe pasang surut

  1. Pasang surut harian ganda (semi diurnal tide) merupakan tipe pasang surut yaitu dalam satu hari terjadi dua kali pasang dan dua kali air surut dengan tinggi yang hampir sama dan pasang surut terjadi secara berurutan secara teratur. Periode pasang surut adalah 24 jam 50 menit. Pada jenis harian ganda misalnya terdapat di perairan Selat Malaka sampai ke Laut Andaman.
  2. Pasang surut harian tunggal (diurnal tide) merupakan tipe pasang surut yang pada tipe ini dalam satu hari terjadi satu kali air pasang dan satu kali air surut, tetapi kadang-kadang untuk sementara waktu terjadi dua kali pasang dan dua kali surut dengan tinggi dan periode yang sangat berbeda. Sedangkan jenis campuran condong ke harian tunggal (mixed tide, prevailing diurnal) contohnya terdapat di pantai selatan Kalimantan dan pantai utara Jawa Barat.
  3. Pasang surut campuran condong ke harian tunggal (mixed tide prevailing diurnal) merupakan tipe pasang surut yang dalam satu hari terjadi satu kali air pasang dan satu kali air surut. Periode pasang surut rata-rata adalah 12 jam 24 menit. Jenis harian tunggal misalnya terdapat di perairan sekitar selat Karimata, antara Sumatera dan Kalimantan.
  4. Pasang surut campuran condong ke harian ganda (mixed tide prevailing semi diurnal) merupakan tipe pasang surut yang dalam satu hari terjadi dua kali air pasang dan dua kali air surut, tetapi tinggi dan periodenya berbeda. Pada pasang-surut campuran condong ke harian ganda (mixed tide, prevailing semidiurnal) misalnya terjadi di sebagian besar perairan Indonesia bagian timur.

pasang surut air laut

 

Penulis: Nissa Nurrohmah Syayidah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *