Yuk, Kenali Dampak Penurunan Padang Lamun!

peletakan terumbu buatan
 Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Peletakan Terumbu Buatan
December 12, 2020
Fenomena Bioluminesensi Membuat Laut Bercahaya
December 15, 2020
penurunan padang lamun

Hai, Optijen. Apakah kamu pernah mendengar mengenai lamun? Lamun merupakan tumbuhan laut berbunga yang hidup di dalam air dan tersebar luas membentuk ekosistem paling produktif di bumi. Kerennya, padang lamun menyumbangkan jasanya untuk menunjang perikanan komersial global senilai $3500 per hektar tiap tahunnya serta $1,9 triliun untuk siklus nutrien biota di sekitarnya, membantu stabilisasi sedimen, dan sebagai penyumbang karbon biru dunia. Namun saat ini penurunan padang lamun secara global telah terjadi.

Fakta Penurunan Padang Lamun Secara Global  

Sayangnya, seiring berkembangnya zaman, kini luasan lamun mulai mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan berlangsungnya kegiatan pembangunan serta pertumbuhan populasi manusia yang kian meningkat. Dilaporkan telah terjadi penurunan luasan sebesar 2-5% per tahun. Dan ternyata, penurunan lamun ini sangat berpengaruh terhadap habitat lainnya. Bahkan, kemungkinan penurunan lamun bisa memberikan dampak yang lebih besar daripada penurunan padang rumput di darat.

Waycott dan teman-teman peneliti lainnya melakukan penelitian dengan mengumpulkan data luas area lamun di Amerika Utara, Eropa, dan Australia dari berbagai sumber, seperti publikasi, laporan, situs web, database online, dan sumber lainnya. Data yang diambil yaitu dalam periode waktu 1879-2006. Secara keseluruhan, rata-rata penurunan di padang lamun sebesar 1,5% per tahun. Selain menurun, luasan lamun juga menghilang. Luas lamun yang hilang terukur sebesar 3.370 km2 (sekitar 20 lapangan bola voli) antara tahun 1879 hingga 2006. Berdasarkan skala global, hingga tahun 2006 lebih dari 51.000 km2 (lebih dari 7 lapangan sepak bola) padang lamun yang telah hilang sejak 127 tahun lalu. Wow, luas banget ya padang lamun yang hilang!

Faktor Penyebab Penurunan Padang Lamun

Penurunan lamun dapat disebabkan oleh dampak langsung maupun tidak langsung. Secara langsung dapat disebabkan karena praktik penangkapan ikan yang merusak, baling-baling kapal, siklon, dan tsunami. Selain itu, kegiatan yang bisa memberikan dampak tidak langsung antara lain degradasi kualitas air, limpasan sedimen di daerah aliran sungai yang diubah oleh manusia, masuknya spesies pendatang, dan penangkapan berlebihan yang mampu menyebabkan hilangnya predator sehingga menyebabkan penurunan herbivor pembersih lamun dari ganggang yang membusuk. Dan yang paling utama yaitu perubahan iklim global.

Lalu Apa Dampaknya?

Hilangnya lamun memberikan dampak global yang besar terhadap krisis lingkungan di ekosistem pesisir. Dimana lamun merupakan indikator yang sensitif terhadap perubahan kualitas air, sedimen, dan masukkan unsur lainnya. Penurunan lamun akan mengurangi masukkan energi pada ekosistem terdekat yaitu terumbu karang. Menghilangnya spesies lamun juga mengancam kepunahan beberapa biota karena menghilangnya habitat, menurunkan produksi primer, penyerapan karbon, dan siklus hara di zona pesisir. Bagi nelayan, hasil tangkapan bisa menurun karena banyak biota kehilangan ekosistemnya. Jika penurunan ini terus berlangsung, dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang lebih besar.

Strategi yang Dilakukan

Dalam mengatasi problema ini, perlunya kerja sama pengelolaan padang lamun dengan baik antara berbagai komponen (Pemerintah, LSM, masyarakat, dsb). Sebagai salah satu contoh, telah dilakukan upaya bersama untuk mengurangi masuknya tambahan sumber nutrisi di Tampa Bay, Florida selama 2 tahun. Kegiatan ini berhasil mengurangi beban nitrogen sebesar 50%  dan meningkatkan kejernihan air hingga 50%. Hal ini mampu memulihkan lamun hingga 27 km2 sejak 1982.

Selain itu, di Mondego Bay dimana merupakan muara yang mengandung unsur hara yang terlalu tinggi di Portugal. Muara ini dilakukan pengubahan serta dilakukan pengendalian praktik penangkapan ikan sehingga mampu mengurangi beban nitrogen dan meningkatkan area lamun dari 0,02 km2 (1997) menjadi 1,6 km2 (2002).

Upaya lain yang telah dilakukan yaitu melalui transplantasi lamun. Hanya sedikit spesies lamun yang mampu digunakan untuk transplantasi. Sayangnya, transplantasi ini belum mampu menaikkan persentase lamun secara signifikan.

Langkah-Langkah Kecil yang Bisa Kamu Lakukan

Nah, Optijen. Jangan panik dulu nih setelah mengetahui fakta-fakta serta dampak yang terjadi akibat penurunan padang lamun. Kamu bisa memulai langkah kecil dari dirimu sendiri untuk menjaga kelestarian lamun. Contohnya dengan mengurangi penggunaan sampah plastik dan yang paling gampang di era digital seperti sekarang yaitu melakukan edukasi melalui sosial media kamu.

Langkah apa nih yang sudah kamu ambil?

penurunan padang lamun

Infografis: Yuk, Kenali Dampak Penurunan Padang Lamun!

 

Referensi:

Sidik F, Krisnawati H. 2017. Peluang ‘blue’ carbon sebagai komponen khusus NDC Indonesia. Policy Brief. 11(6):1-7.

Waycott M, Duarte CM, Carruthers TJB, Orth RJ, Dennson WC, Oolymik S, Calladine A, Fourqurean JW, Heck KL, Hughes AR, Kendrick GA, Kenworthy WJ, Short FT, Williams SL. 2009. Accelerating loss of seagrass across the globe threatens coastal ecosystems. PNAS. 106(30):12377-12381.


Penulis:

Lutfia Nurul Istiqomah

Artikel ini ditulis dalam rangka Final Project Creative Information and Communication Internship Program 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *