Peran Laut Terhadap Bumi

Pelatihan Pemodelan Gelombang Laut
April 8, 2019
Pencemaran Laut oleh Limbah Cair
April 11, 2019
peran laut terhadap bumi

Menutupi 71% permukaan Bumi, tentunya terdapat peran laut terhadap Bumi yang penting terhadap kondisi di dalamnya. Selain berperan sebagai sumber kehidupan di Bumi, lautan juga berperan dalam menentukan kondisi iklim dan siklus karbon di Bumi. Lautan merupakan habitat bagi 230.000 spesies makhluk hidup. Bahkan jumlah tersebut diperkirakan dapat mencapai lebih dari 2 juta spesies karena masih banyak daerah yang belum dijelajahi[1]. Selain itu, masih banyak makhluk hidup lainnya yang hidup bergantung kepada laut secara tidak langsung, seperti manusia salah satunya.

Peran Laut Terhadap Bumi pada Iklim dan Cuaca

Lautan yang merupakan satu kesatuan dan saling berhubungan memiliki peran penting dalam menentukan kondisi iklim dan cuaca. Sebagai contoh yaitu curah hujan dan angin laut. Tingkat evaporasi (penguapan) dan suhu permukaan laut berpengaruh dalam pembentukan awan hujan. Perbedaan suhu permukaan laut juga memengaruhi kecepatan angin berhembus. Arus laut berperan dalam distribusi panas dari daerah ekuator ke daerah lintang tinggi dan kutub. Distribusi panas ini lah yang memengaruhi kondisi iklim di Bumi yang dikenal sebagai Thermohalin Circulation (THC) atau “The Great Ocean Conveyer Belt[2].

THC merupakan arus laut yang diakibatkan oleh perbedaan temperatur dan salinitas massa air laut. Semakin besar perbedaannya maka semakin besar atau cepat pula arus lautnya. Siklus THC ini berperan dalam menghangatkan suhu udara di daerah lintang tinggi (kutub). Kemudian juga mendinginkan suhu udara di daerah lintang kecil (ekuator). Saat ini, arus THC diperkirakan melambat akibat terjadinya pemanasan global[3]. Hal ini dapat menyebabkan berubahnya iklim di Bumi, yaitu daerah lintang tinggi akan semakin dingin, sedangkan pada daerah lintang rendah akan semakin tinggi intensitas hujannya akibat tingginya tingkat evaporasi. Perubahan tersebut akan menyebabkan semakin besar dan seringnya terjadi badai, seperti dalam film “The Day After Tomorrow” (baca artikel tentang ulasan film The Day After Tomorrow di sini).

Berperan Dalam Siklus Karbon

peran laut terhadap bumi: siklus karbon

Siklus karbon di laut (sumber: IAEA.org)

Lautan juga berperan dalam menjaga siklus karbon di Bumi melalui interaksi langsung dengan atmosfer. Diperkirakan lautan mengandung karbon yang tersiklus secara aktif (actively cycled) terbesar di dunia dan kedua terbesar dalam jumlah karbon yang disimpan setelah kerak bumi (lithosphere)[4]. Pada masa awal terbentuknya planet Bumi, lautan pula yang berperan dalam mengurangi kadar CO2 di atmosfer yang pada saat itu merupakan kandungan gas terbesar di atmosfer. Saat ini, meningkatnya kandungan CO2 di atmosfer akibat aktifitas manusia menyebabkan meningkat pula kadar CO2 yang diserap oleh lautan. Hal ini menyebabkan meningkatnya keasaman laut atau lebih dikenal dengan nama Ocean Acidification. Peningkatan keasaman laut dapat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup didalamnya, terutama makhluk hidup yang memiliki cangkang seperti kerang, udang, kepiting, bahkan koral[5]. Di daerah tropis sudah banyak terjadi coral bleaching atau kematian koral akibat perubahan kondisi laut ini. Hal ini tentu berdampak pada makhluk hidup di area terumbu karang tersebut.

 

Penulis: Adib

Editor: Nissa

 

Referensi:

[1] https://www.latimes.com/archives/la-xpm-2009-aug-02-na-fish2-story.html

[2] Wunsch, C. (2002). “What is the thermohaline circulation?”. Science Vol.298, Issue 5596, pp. 1179–1181.

[3] https://en.wikipedia.org/wiki/Shutdown_of_thermohaline_circulation

[4] Falkowski, P.; Scholes, R. J.; Boyle, E.; Canadell, J.; Canfield, D.; Elser, J.; Gruber, N.; Hibbard, K.; Högberg, P.; Linder, S.; MacKenzie, F. T.; Moore b, 3.; Pedersen, T.; Rosenthal, Y.; Seitzinger, S.; Smetacek, V.; Steffen, W. (2000). “The Global Carbon Cycle: A Test of Our Knowledge of Earth as a System”. Science Vol.290, Issue 5490, pp. 291–96.

[5] https://www.pmel.noaa.gov/co2/story/What+is+Ocean+Acidification%3F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *