Stop Katakan Lamun itu Rumput Laut!

Webinar Sawfish Talk: Upaya Konservasi Pari Gergaji
September 28, 2020
Bisa Menyelam, Apa Penting untuk Anak Ilmu Kelautan?
October 1, 2020

Halo Optijen! Kali ini mari kita bahas dua tumbuhan hijau yang terdapat di laut ini. Yup, perbedaan lamun dan rumput laut! Kadang masih ada yang belum bisa membedakan antara keduanya dan mengira lamun itu rumput laut. Nah, agar tidak semakin keliru antara keduanya, mari kita bahas sedikit mengenai dua tanaman ini.

Perbedaan Lamun dan Rumput Laut

Berawal dari kekeliruan istilah di Indonesia karena mengenal tumbuhan algae (seaweed) dengan kata rumput laut sehingga terpaksa menjadikan penafsiran lamun adalah seagrass. Padahal apabila diartikan seagrass sendiri artinya adalah rumput laut dari kata (sea: laut dan grass: rumput). Namun, untuk menghilangkan kerancuan tersebut dibuatlah kesepakatan secara tidak tertulis untuk membedakan antara lamun dan rumput laut dengan menafsirkan lamun sebagai seagrass dan rumput laut sebagai seaweed. Hal ini dilakukan untuk memudahkan para ilmuwan dan akademisi juga dalam dunia perdagangan.

Berdasarkan Lingkungannya

perbedaan lamun dan rumput laut

Lamun

Lamun atau seagrass merupakan tumbuhan tingkat tinggi dan berbunga (Antophyta) yang hidup dan terbenam di lingkungan laut karena memiliki kemampuan beradaptasi pada air bersalinitas. Sedangkan rumput laut atau seaweed merupakan salah satu tumbuhan laut (makroalga) bentik yang terdapat di dasar perairan.

Berdasarkan Golongan Tumbuhan

perbedaan lamun dan rumput laut

Rumput Laut

Lamun tergolong pada tumbuhan tingkat tinggi karena memiliki akar, rimpang, daun, bunga hingga buah seperti halnya tumbuhan di darat hanya saja habitat lamun ini di laut. Sedangkan rumput laut termasuk ke dalam tumbuhan tingkat rendah karena bagian tubuh tumbuhan ini tidak bisa dibedakan dengan jelas antara akar batang dan daunnya sehingga bagian tubuh rumput laut ini disebut thallus yang memiliki bentuk beragam, kadang menyerupai tabung, kadang pipih, gepeng, rambut dan lain-lain.

Nah gimana nih optijen, sudah paham kan perbedaan lamun dan rumput laut ini? Jadi jangan salah sebut lagi ya. Semoga bermanfaat!

 

Referensi:

Azkab, Muhammad Husni. 2006. Ada Apa dengan Lamun. Jurnal Oseana. Vol 31 (3): 45 – 55.

Putra, Singgih Afifa. 2019. Perbedaan Rumput Laut dengan Seagrass. Widyaiswara Pendidikan Maritim LPPTK KTKP

 

Penulis:

Nira Nirwana

Creative Information and Communication Intern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *