POSEIDON: Ketika Gelombang Tinggi Menerjang

The Little Mermaid: Kisah Putri Duyung yang Melegenda
March 14, 2019
The Day After Tomorrow: Apa yang Terjadi jika Besok Sirkulasi Termohalin Berhenti?
March 21, 2019

Rasa cemas, tegang, dan ketakutan mewarnai cerita survival para penumpang Kapal Pesiar POSEIDON. Sebuah kapal pesiar mewah yang terbalik di tengah Samudera Atlantik karena diterjang oleh gelombang tinggi yang tidak diketahui penyebab datangnya. Gelombang tersebut kurang lebih memiliki tinggi gelombang 4-5 meter berkekuatan besar sehingga bisa menggulingkan kapal pesiar POSEIDON. Pada cerita film tersebut, para penumpang dihadapkan pada pilihan hidup mereka, antara pasrah menunggu maut, menanti bantuan datang atau nekat mencari jalan keluar sendiri meski harus mempertaruhkan nyawa. Sebuah pilihan sulit bagi setiap penumpang, namun tidak bagi beberapa penumpang yang merupakan tokoh utama di film tersebut. Mereka nekat mencari jalan keluar dan mengindahkan perintah Kapten Kapal yang meminta semua penumpang untuk tetap tinggal bersama di ruang konser sampai bantuan datang.

Kapal pesiar POSEIDON yang terhempas gelombang tinggi

Dalam usaha mereka mencari jalan keluar, bersama-sama mereka berjuang bertahan di tengah kepingan-kepingan kapal yang tersisa. Tujuan mereka hanya satu: mencari jalan keluar dan mungkin hanya baling-baling kapal yang bisa membawa mereka keluar. Di tengah kondisi kapal yang hancur dan lelah mereka harus terus melawan waktu untuk tetap bertahan hidup, meskipun dalam perjalanannya mereka harus mengorbankan kawan dalam beberapa kecelakaan dan nasib buruk. Namun, akhirnya sisa orang yang selamat berhasil keluar dari kapal dan segera menembakkan tanda peringatan untuk regu penolong, sampai akhirnya mereka dapat ditemukan oleh regu penolong. Tak ada yang bisa melebihi rasa bahagia mereka selain rasa syukur keluar dari maut kapal POSEIDON.

Penyebab Gelombang Tinggi

Dalam film tersebut memang lebih membahas tentang perjalanan survival untuk bisa selamat dan keluar dari kapal. Di film tersebut tidak dijelaskan secara pasti penyebab dari datangnya gelombang tersebut. Namun, terdapat hal yang menarik untuk dibahas yaitu penyebab datangnya gelombang tinggi berkekuatan besar yang sampai dapat menggulingkan Kapal Pesiar POSEIDON tersebut. Gelombang tinggi yang terdapat di film POSEIDON dapat terjadi karena adanya beberapa pengaruh meteorologis seperti angin dan benda-benda langit.

Dalam Ilmu Oseanografi, dipelajari beberapa jenis-jenis gelombang dan penyebabnya. Dengan ciri-ciri gelombang dengan tinggi sekitar 4-5 meter berkekuatan besar tergolong dalam gelombang badai, gelombang pasang, gelombang tinggi akibat pengaruh meteorologis seperti siklon (pusat tekanan rendah). Pembangkit gelombang sendiri salah satunya oleh kekuatan angin, ketika kekuatan angin besar maka dapat membangkitkan gelombang yang besar pula.

Gelombang Badai

Gelombang badai

Gelombang badai adalah fenomena gelombang laut yang terjadi karena angin badai, yang tinggi gelombangnya di atas tinggi gelombang biasanya. Fenomena gelombang badai ini muncul setelah terjadinya badai di lautan (fenomena meteorologi), tinggi gelombangnya dapat mencapai belasan meter di daerah dekat sumber angin, dan gelombang terus berlangsung selama angin bertiup dan mereda bersama dengan redanya tiupan angin. Fenomena gelombang badai ini hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu yang berkaitan dengan musim angin tertentu. Badai yang disebabkan juga dapat karena adanya siklon.

Gelombang Pasang

Gelombang Pasang

Gelombang pasang adalah peristiwa yang cukup dapat diprediksi karena merupakan hasil dari pasang surut harian yang disebabkan oleh pengaruh gravitasi Bumi, Bulan dan Matahari. Namun, tinggi gelombang pasang dapat naik lebih tinggi dari biasanya karena pengaruh gaya tarik Bulan, Bumi dan Matahari yang sedang di fase purnama karena kekuatannya sedang optimal. Rata-rata gelombang pasang terjadi di area dekat pantai.

 

Penulis: Nurul

Editor: Nissa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *