Prospek Kerja Ilmu Kelautan, Oseanografi, dan Teknik Kelautan

Bincang-Bincang Jurusan Teknik Kelautan
January 25, 2019
Daftar Universitas yang Menyediakan Program Studi Ilmu Kelautan, Oseanografi dan Teknik Kelautan
January 30, 2019

“Kak, kalau kuliah disini prospek kerjanya apa ya?”

“Nanti kerjanya apa kalau kuliah disitu?”

Kedua pertanyaan di atas hanya perwakilan dari sekian banyak pertanyaan yang menjurus pada prospek kerja dari pemilihan jurusan. Hal ini seperti menjadi salah satu elemen penting yang harus diketahui sebelum akhirnya memilih jurusan yang akan diambil. Kali ini, Oceanpulse akan membahas mengenai prospek kerja ilmu kelautan, oseanografi, dan teknik kelautan. Tapi hanya akan dibahas yang umumnya saja yaa.

Prospek Kerja Ilmu Kelautan, Oseanografi, dan Teknik Kelautan

Ilmu Kelautan dan Oseanografi

Pertama yang akan dibahas adalah prospek kerja dari jurusan Ilmu Kelautan dan Oseanografi. Kedua jurusan tersebut akan dibahas secara bersamaan karena masih beririsan juga. Jadi Ilmu Kelautan masih bisa bekerja ke ranah Oseanografi dan begitu juga sebaliknya.

Ilmu Kelautan dan Oseanografi memiliki dasar di bidang ilmu pengetahuan atau sains, sehingga bisa dibilang kesempatan pertama dari kedua jurusan ini tentunya adalah sebagai peneliti di bidang kelautan. Peneliti disini masih luas sekali cakupannya, kamu bisa memilih bidangnya sesuai dengan minatmu. Misalnya kamu bisa meneliti kualitas air laut yang nantinya akan berhubungan ke ranah lingkungan. Selanjutnya jika tertarik terhadap kebencanaan, kamu dapat menjadi peneliti di bidang bencana laut seperti memodelkan tsunami, banjir rob, gelombang badai, dsb. Lalu untuk kamu yang tertarik di dunia biologi, bisa meneliti biota-biota laut dan ekosistemnya. Ada juga yang suka sama penginderaan jauh menggunakan citra satelit, kamu bisa mengambil penelitian di bidang ocean remote sensing. Dan masih banyak lagi yang dapat kamu teliti di laut. Seluas itu!

Selain menjadi peneliti, kesempatan lain adalah bekerja di dunia konsultan. Konsultan yang biasanya dapat dimasuki adalah konsultan hidro-oseanografi, pemetaan, dan sipil. Pekerjaan yang dilakukan di konsultan yaitu survei hidro-oseanografi seperti pengukuran tinggi gelombang, pasang surut, kecepatan arus, kedalaman laut, kemiringan pantai dsb. Selain survei, ada juga pengolahan data dan pemodelannya. Pengolahan data tersebut merupakan data-data dari hasil survei yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel atau grafik sehingga memudahkan untuk dibaca dan dianalisis. Kemudian ada juga pengerjaan pemodelan kondisi laut untuk dijadikan referensi pembangunan struktur di pesisir maupun di lepas pantai.

Pekerjaan lainnya yang bisa jadi pilihan di jurusan kelautan yaitu sebagai pegawai pemerintah dan juga sebagai tenaga pengajar lho. Sebagai pegawai pemerintah kalian dapat bekerja di berbagai instansi pemerintahan, kalian dapat membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan sumber daya kelautan dan juga dapat bekerja di berbagai instansi pemerintahan. Contohnya kalian dapat bekerja di BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), di Dinas Pelabuhan, BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) sebagai pengamat meteorologi, karena antara laut, cuaca, dan iklim sangat berkaitan erat.

Dan sebagai tenaga pengajar biasanya menjadi seorang dosen maupun sebagai asisten akademik di universitas. Namun untuk menjadi dosen minimal dibutuhkan tingkat pendidikan Magister atau Master.

Lalu, di setiap jurusan Ilmu Kelautan dan Oseanografi biasanya sudah ada mata kuliah selam di kurikulumnya. Ini bisa menjadi nilai tambah untuk kamu. Dengan adanya sertifikasi selam, kamu bisa mengambil pekerjaan yang berhubungan dengan penelitian terumbu karang atau hanya sekadar menjadi pemandu selam.

Teknik Kelautan

Prospek kerja dari jurusan Teknik Kelautan juga tidak kalah beragam dan menarik. Lulusan dari Teknik Kelautan akan banyak bekerja di bidang teknik atau penerapan dari sains kelautannya itu sendiri. Lulusan Teknik Kelautan memiliki kesempatan untuk bekerja di macam-macam konsultan serta perusahaan minyak dan gas baik milik lokal maupun asing seperti Schlumberger, McDermott, East Marine, Petrosea, Halliburton, Tripatra, dsb.

Jika lebih tertarik di teknik pantai, kamu akan mengaplikasikan ilmu kamu untuk pembangunan pelabuhan, perancangan sistem perlindungan pantai, dsb. Kemudian untuk di lepas pantainya kamu dapat merancang pembangunan struktur di lepas pantai yang aman. Selain itu, juga dapat melakukan perencanaan pengerukan dasar laut untuk kepentingan lajur kapal. Dan masih banyak pekerjaan seru lainnya dari bidang Teknik Kelautan ini.

Nah begitulah kira-kira gambaran umum pekerjaan yang bisa dilakukan setelah menjadi lulusan di bidang kelautan. Meskipun memang nyatanya setelah lulus nanti kita bisa memilih untuk menjadi apa saja yang kita inginkan tanpa terpatok harus sesuai dengan jurusan. Hal yang paling penting dari perkuliahan adalah pembentukan pola pikir dan penyiapan mental untuk masuk ke dunia kerja setelah lulus. Dan semoga tulisan ini bisa membantumu semakin yakin dengan pilihan jurusan kelautan ya!

4 Comments

  1. Annisa Aulia says:

    Di jaman sekarang, kuliah jurusan apa, bisa jadi kerjanya di bidang lain. Mungkin mau menambahkan bagi teman-teman yang lagi bingung kuliah-kerja dan semacamnya. Jangan terpatok hanya milih jurusan karena prospek kerja yang baik, karena menurut saya selama kuliah bisa menambah kemampuan lain, teman dan komunitas yang berbeda-beda. Jalani masa perkuliahan untuk menimba ilmu pengetahuan dan sosial sebanyak-banyaknya, yang nantinya bisa digunakan dalam menghadapi hidup, bukan hanya mencari kerja tetapi berhadapan dengan orang lain.

  2. taufan says:

    kak bahas juga dong soal jumlah ketersediaan lapangan kerjanya pada masing-masing pos yang disebutkan di atas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *