10 Software untuk Mahasiswa Kelautan

Mengenal Ubur-Ubur Lebih Dekat
June 12, 2020
definisi makroalga
Definisi Makroalga, Bukan Rumput Laut Sebenarnya
August 3, 2020
software untuk mahasiswa kelautan

Selama masa kuliah, optijen pasti banyak sekali belajar dan menggunakan berbagai software untuk menunjang kegiatan kuliah. Mulai dari yang sangat basic, hingga expert sekalipun. Berikut 10 software untuk mahasiswa kelautan yang sering digunakan.

Software untuk Mahasiswa Kelautan

Microsoft Office

Tentunya sama seperti mahasiswa pada umumnya, Microsoft Office menjadi hal yang paling fundamental untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Berhubung di jurusan kelautan banyak sekali praktikumnya, jadi penulisan laporan praktikum juga sering dilakukan. Selain itu, tak jarang pula laporan praktikum tersebut harus dipresentasikan secara langsung. Sehingga diperlukan software untuk membuat presentasi yang menarik.

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah Microsoft Excel. Software ini akan menjadi temanmu dari awal hingga akhir perkuliahan. Di kelautan, akan banyak sekali data-data yang harus diolah. Pengolahan data ini umumnya menggunakan Excel. Selain itu juga terdapat perhitungan untuk data kelautan yang menggunakan Excel, misalnya perhitungan tinggi gelombang signifikan, admiralty pasang surut, dsb. Jadi pastikan software dasar ini ada di laptopmu ya!

Matlab

Matlab (Matrix Laboratory) adalah bahasa pemrograman dalam komputasi numerik. Software ini juga menjadi list wajib bagi para mahasiswa kelautan. Pertama, terkadang data yang akan kita olah bisa jadi berjumlah ribuan atau sangat banyak! Nah, biasanya akan sangat ribet kalau perhitungannya hanya menggunakan Excel. Kapan selesainya wkwk. Jadi penggunaan program di Matlab berguna untuk mempermudah dan mempercepat proses perhitungan. Tentunya teman-teman harus mahir terlebih dahulu mendeskripsikan apa yang ingin dicapai melalui bahasa Matlab. Selain itu, Matlab juga dapat digunakan untuk visualisasi data yang kita olah. Misalnya jika kita ingin menghasilkan grafik elevasi muka laut di suatu titik dalam periode tertentu atau gambar secara spasial dengan berwarna-warni. Cocok deh untuk membantu teman-teman dalam menggambarkan data dan menganalisis.

GEBCO

GEBCO (The General Bathymetric Chart of the Oceans) adalah software yang menyimpan data batimetri dunia. Jadi kalau butuh data batimetri tinggal buka aja deh. Penggunaannya pun mudah, tinggal menentukan batasan koordinat dari wilayah yang ingin diambil datanya. Dengan resolusi grid sebesar 30 detik juga sudah cukup mumpuni untuk digunakan sebagai input untuk pemodelan atau pengolahan data lainnya.

Surfer

Surfer merupakan software pemetaan kontur dan permukaan secara 3D. Biasanya software ini digunakan ketika ingin menggambarkan batimetri atau persebaran data secara spasial. Surfer dapat mengubah data yang kita punya menjadi kontur, permukaan, vector, hingga kontur 3D. Sangat memudahkan kita untuk menganalisis data yang kita punya.

ArcGIS

Nah, software satu ini pasti sudah sering didengar. ArcGIS adalah software pemetaan yang berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG). Software ini dikembangkan oleh ESRI (Environment Science and Research Institue). Di dalamnya terdapat tiga produk utama yaitu ArcView, ArcEditor dan ArcInfo. AcrView berfungsi sebagai pengelola data komprehensif, pemetaan dan analisis. ArcEditor berfungsi sebagai pengolah data spasial. ArcInfo merupakan fitur yang menyediakan fungsi-fungsi yang ada pada SIG berupa analisis dari fitur geoprocessing. Software ini sering digunakan untuk membuat peta garis pantai, digitasi peta, dsb.

Global Mapper

Masih seputar software yang berbasus SIG, Global Mapper dapat menjadi alternatif. Kegunaannya untuk mengolah data berbasis pemetaan seperti data vector, raster, 3D View, konversi, dsb. Biasanya software ini digunakan untuk mengonversi format data spasial karena kemampuannya yang dapat menginput berbagai format seperti DEM, KML/KMZ, GeoTIFF, dsb. Selain itu, Global Mapper juga dapat digunakan untuk mengolah data penginderaan jarak jauh.

Ocean Data View

Untuk teman-teman kelautan, software ini pasti sering banget digunakan. Ocean Data View (ODV) merupaka software untuk analisis dan visualisasi data oseanografi, atmosfer, dan georeferensi lainnya. Fitur utama dari software ini adalah menginput data tabel dalam format spreadsheet, mengatur konfigurasi resolusi dari batimetri, garis pantai, dsb. Selain itu, ODV dapat digunakan untuk membuat plot dari suatu stasiun pengamatan. Pokoknya must-have-software deh~

SeaDAS

SeaDAS adalah software yang digunakan untuk mengolah, menampilkan, menganalisis dan mengontrol kualitas dari data laut. Utamanya software ini untuk aplikasi penginderaan jauh pesisir dan laut. Perangkat yang dikembangkan oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration) ini mampu untuk memproses data satelit ocean color seperti Coastal Zone Color Scanner, Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer, Ocean Color Thermal System, dsb.

GrADS

GrADS atau The Grid Application Development Software merupakan perangkat lunak untuk aplikasi grid. Software ini digunakan untuk pengolahan data penginderaan jauh. Segala macam data kebumian dapat divisualisasikan oleh perangkat ini. GrADS memiliki dua data model yaitu untuk mengolah data grid/spasial dan data stasioner.

WRPLOT View

WRPLOT View pada dasarnya merupakan sebuah software program pembuatan plot rose untuk data meteorologis. Nah berhubung angin menjadi salah satu faktor penting terhadap proses di laut, jadi data angin sering juga digunakan untuk analisis atau input model. WRPLOT dapat dengan mudah membantu kita untuk membuat rose angin. Plot ini berfungsi untuk menganalisis persebaran magnitudo dan arah angin. Jadi bisa lihat deh kemana arah angin yang dominannya dan seberapa besar kecepatannya.

Nah, itu tadi 10 software untuk mahasiswa kelautan yang umum digunakan. Eits, tentunya masih banyak lagi software yang sering digunakan. Nanti akan kita bahas selanjutnya yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *