Tertarik Mengambil Jurusan di Bidang Kelautan?

Peristiwa Dibalik Peringatan Hari Dharma Samudera
January 15, 2019
Mengenal Lebih Jauh Jurusan Kelautan
January 18, 2019

Halo optijen! Apakah kamu tahun ini akan lulus dari SMA? Dan masih galau memilih jurusan? Pernahkah kamu terpikirkan untuk mengambil jurusan kelautan? Jika belum, mungkin kamu harus mempertimbangkan kembali untuk mengambil jurusan yang kece ini.

Indonesia yang sebagian besar wilayahnya lautan menjadikan salah satu alasan mengapa adanya jurusan kelautan di negeri ini. Tentunya diperlukan ilmu yang mumpuni untuk dapat mengatur dan mengelola wilayah lautan yang begitu besar agar dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik.

Ada jurusan apa aja sih?

Di Indonesia sendiri sudah banyak universitas yang menawarkan program studi sarjana di bidang kelautan. Terdapat tiga program studi kelautan yang paling umum berada di Indonesia yaitu Ilmu Kelautan, Oseanografi, dan Teknik Kelautan.

Lalu apa perbedaan antara ketiga jurusan tersebut? Jurusan Ilmu Kelautan masih mempelajari kelautan secara luas, sedangkan Oseanografi dan Teknik Kelautan sudah terspesifik. Oseanografi fokus pada mempelajari fisis lautan dan dinamikanya sedangkan Teknik Kelautan fokus pada pengaplikasian Ilmu Kelautan pada pembangunan struktur di tepi pantai maupun lepas pantai.

Jurusan kelautan dapat menjadi salah satu pilihan menarik bagi kamu untuk menempuh studi sarjana. Banyak hal yang dapat dipelajari mulai dari sifat fisis lautan, biota laut dan ekosistemnya, survei kelautan, lingkungan, dan masih banyak lagi. Saat ini juga pemerintah tengah gencar-gencarnya mendeklarasikan untuk Indonesia menjadi poros maritim dunia. Tentunya untuk mendukung hal tersebut diperlukan banyak sumber daya manusia yang ahli di bidang kemaritiman, termasuk kelautan. Jurusan ini juga cocok untuk kamu yang menyukai lautan, lho. Daripada hanya memandangi indahnya lautan, mengapa tidak dipelajari juga ilmunya?

Bagaimana optijen? Mulai tertarik untuk mengambil jurusan di bidang kelautan? Ikuti terus artikel kami untuk pembahasan lebih lanjut mengenai jurusan kelautan ini. Selanjutnya kami akan membahas mengenai perbedaan dari jurusan Ilmu Kelautan, Oseanografi, dan Teknik Kelautan yang lebih rincinya. Jadi tunggu artikel kami selanjutnya yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *