Terumbu Karang dan Ancamannya

pembangkitan gelombang laut
Proses Pembangkitan Gelombang Laut
October 7, 2019
pasang surut air laut
Apa itu Pasang Surut Air Laut?
October 18, 2019

Hai optijen! Apa kalian pernah snorkeling di laut? Apa yang kalian lihat? Jika lautnya masih asri, kalian akan melihat ikan-ikan cantik berenang mengitari rumahnya yang tak kalah cantik. Rumahnya? Apa ya? Yap! Terumbu karang yang cantik di dasar laut itu adalah rumah atau tempat tinggal bagi para ikan di laut. Yuk, kita mengenal lebih dekat tentang terumbu karang!

Pertumbuhan Terumbu Karang

Terumbu karang pertama kali berkembang dari larva kemudian menempel dan tumbuh menjadi polip. Polip ini akan mengeras dan menjadi karang yang pertumbuhannya sekitar 15 cm/tahun. Karang memiliki kerangka keras yang didalamnya terdapat daging. Dalam pertumbuhannya, karang ini bersaing untuk mendapatkan tempat untuk mencari makanan. Di perairan tropis yang jernih dan hangat kita dapat dengan mudah menemukan karang. Cahaya matahari berperan sangat penting dalam pertumbuhan karang. Cahaya ini berguna untuk alga di dalam karang yang memproduksi makanan. Pada malam hari, karang mencari makan dengan kaki hisapnya. Pertumbuhan karang secara optimal terjadi pada malam hari.

Ancaman bagi Terumbu Karang

Pertumbuhan karang juga terdapat ancaman. Ancaman dapat datang dari karang lain dan predator. Karang yang tumbuh secara timpang tindih dapat menimbulkan pertarungan antara dua karang yang berdekatan untuk mendapatkan tempat dengan memakan satu sama lain. Kepiting yang hidup di karang membantu mencegah serangan predator. Ikan kakatua memakan karang dan mengubahnya menjadi pasir. Pasir yang dikeluarkan merupakan pasir tropis. Bila pasir ini semakin banyak akan menumpuk dan membentuk pulau. Udang juga tinggal di karang. Koloni udang hidup di terumbu karang karena terumbu adalah tempat serta sumber makanan. Bagian atas terumbu karang dilapisi alga hijau. Alga itu makanan dari ikan tank dan powder blue tang.

Reproduksi seksual karang terjadi pada saat tertentu. Karang jantan mengeluarkan sperma dan betina melepas sel telur dan terjadi pembuahan silang. Telur yang telah dibuahi menjauhi induk terumbunya. Ekosistem ini akan terganggu dan terancam oleh fenomena badai. Hal ini juga dapat menjadi ancaman bagi hewan-hewan yang hidup di karang. Salah satu yang akan terancam yaitu lobster. Lobster akan berpindah ke tempat lebih dalam ketika terjadi badai. Selain itu karang juga dapat terancam rusak oleh badai. Gelombang besar akan menghancurkan dan mematahkan terumbu karang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *