Walrus Mamalia Laut Bertaring Panjang

5 Fakta Paus Pembunuh yang Menarik Diketahui
September 10, 2020
ikan badut
Ikan Badut: Ikan Laut Cantik Sahabat Anemon Laut
September 16, 2020
walrus

Hai Optijen! Pasti kalian sudah sering mendengar kan hewan bernama anjing laut atau singa laut? Tapi sudah pernah dengar belum tentang Walrus? Kita kenalan, yuk dengan mamalia laut satu ini!

Walrus si Mamalia Laut

Walrus adalah mamalia laut berbadan gemuk yang tersebar di Samudra Arktik dan Laut sub-Arktik di Belahan Bumi Utara. Nama ilmiahnya adalah Odobenus rosmarus yang artinya ‘’kuda laut yang berjalan dengan gigi’’. Wajar saja karena terlihat ada gigi yang sangat panjang di tubuhnya. Tapi, sebenarnya itu bukan gigi lho, melainkan gading.

Memiliki Gading

Panjang ga­ding Walrus bisa mencapai sekitar 40 cm dan dapat te­rus tumbuh. Bagi jantan, gading ini berguna untuk mempertahankan diri atau bertarung memperebutkan betinanya. Selain itu, Walrus jantan dan betina menggunakan gadingnya untuk mengangkat dirinya ke atas es dan menggali es untuk mencari kerang. Makanan bagi hewan ini adalah kerang, mussels, krill, kepiting, cacing dan siput. Selain itu juga memakan gurita dan ikan, serta menyerang anjing laut.

Umurnya Panjang

Walrus Pasifik dewasa memiliki berat badan 1700 kg. Hewan ini juga termasuk hewan sosial berumur panjang yang bisa hidup hingga 20-30 tahun di alam liar. Mereka senang berkumpul dalam jumlah yang banyak di hamparan es tebal di tepi laut sembari menikmati sinar matahari.

Walrus memiliki peran penting dalam budaya orang Polar. Dulu, pada abad ke -19 dan ke-20, mamalia laut ini banyak yang dibunuh dan dieksploitasi untuk di ambil daging, minyak dan gadingnya. Namun, sekarang mereka sudah di lindungi dan jumlahnya telah bertambah lagi.

 

Baca Juga: Dugong Mamalia Laut, Bukan Mermaid

 

Referensi:

Analisadaily.com

En.wikipedia.com

 

Penulis:

Taufik Hidayat

Creative Information and Communication Intern OceanPulse

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *