Wisata di Pulau Belitung: Destinasi Wajib Pencinta Laut!

magang di BPBAP Situbondo,
Serunya Magang di BPBAP Situbondo
March 3, 2020
Mengapa Ada Arus Laut
Mengapa Ada Arus Laut?
March 10, 2020

Indonesia merupakan negara yang kaya akan tempat wisatanya. Mulai dari wisata alam, edukasi, hingga kuliner. Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan adalah wisata di Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Apa saja keindahan dari Pulau Belitung? Simak di artikel berikut ya.

Kepulauan Bangka Belitung

wisata di pulau belitung

Peta Provinsi Bangka Belitung

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berlokasi terpisah dari Pulau Sumatera, tepatnya di sebelah timur Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi ini terdiri dari dua pulau besar utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Selain kedua pulau besar tersebut, masih terdapat ratusan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Total pulau yang memiliki nama di Provinsi Bangka Belitung berjumlah 470 buah. Dari ratusan pulau tersebut, hanya 50 pulau saja yang berpenghuni. Ketika masa kerajaan, Pulau Bangka dan Belitung merupakan daerah taklukan Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, dan Mataram. Berdasarkan Undang-Undang No. 27 Tahun 2000, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditetapkan sebagai provinsi ke-31 dengan ibukota provinsi Pangkalpinang. Kepulauan Bangka Belitung ini merupakan pemekaran dari Provinsi Sumatera Selatan.

Pesona Wisata di Pulau Belitung

Nah, salah satu wisata yang akan dibahas kali ini adalah wisata di Pulau Belitung. Nama Pulau Belitung semakin dikenal di kalangan masyarakat Indonesia setelah film Laskar Pelangi rilis pada tahun 2008. Jika sudah menonton film tersebut, kita akan disuguhkan dengan keindahan alam di Pulau Belitung. Hal tersebut membuat siapa saja yang menonton pasti ingin mengunjunginya.

Menuju ke Belitung

Untuk menuju ke Pulau Belitung dapat ditempuh dengan jalur udara dan laut. Perjalanan udara dapat ditempuh dari berbagai kota besar di Indonesia menuju Bandara H.A.S. Hanandjoeddin yang terletak di Tanjung Pandan. Waktu itu penulis menggunakan jasa penerbangan Air Asia dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, dengan total harga 875ribu (PP) pada tahun 2019 lalu. Masih cukup murah kan? (Sewaktu artikel ini ditulis harga tiket menuju Belitung dari Jakarta juga lagi murah lho, Lion dan Citilink hanya 300ribuan aja! Cek sekarang deh!). Perjalanan dari Jakarta menuju Belitung hanya memakan waktu sekitar satu jam saja.

Jika kamu sudah cukup dekat dengan Pulau Belitung, alternatif lain untuk menuju pulau tersebut dapat ditempuh melalui jalut laut. Kita bisa naik kapal cepat KM Bahari Express dari Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkal Pinang. Perjalanan lewat laut tentu akan lebih lama yaitu sekitar 4 – 5 jam, namun harganya pasti lebih murah sekitar 150 – 200 ribuan.

Akomodasi dan Transportasi di Pulau Belitung

Transportasi di Pulau Belitung bisa dibilang masih cukup sepi. Jadi jika ingin jalan-jalan di Pulau Belitung lebih baik menyewa kendaraan. Banyak jasa penyedia sewa kendaraan baik motor maupun mobil dengan berbagai macam jenis. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan kita. Jalanan di Pulau Belitung juga tidak seramai di kota-kota lain. Engga ada macet-macet deh! Seru banget kan? Bahkan salah satu keunikan di pulau ini adalah jika kita meninggalkan kunci tergantung di kendaraan, tidak akan hilang kendaraannya. Aman! Bahkan waktu itu, pihak penyewa mobil yang penulis sewa dengan begitu santainya meninggalkan mobil di bandara dalam kondisi tidak dikunci dan kuncinya ada di dalam mobil tersebut. Keren ya! Untuk harga sewa motor sekitar 75ribu per hari dan sewa mobil sekitar 200 hingga 500ribu per hari. Jika malas menyetir atau tidak ada yang bisa, kita juga bisa mengambil paket yang beserta supir. Jadi aman deh kalau mau jalan-jalan di Belitung.

Untuk tempat tinggal juga tidak perlu khawatir! Pulau Belitung saat ini memang sudah dikenal dengan aktivitas wisatanya, jadi pilihan hotelnya sudah banyak. Tinggal sesuaikan dengan budget dan selera kita. Dalam perjalanan ke Belitung lalu, penulis pergi bersama 2 orang teman, dan kami tinggal di Hotel Martani yang terletak di Tanjung Pandan. Harganya sangat terjangkau yaitu 180ribu/malam untuk 3 orang. Jadi semalam per orangnya hanya 60ribu! Murah kan? Lokasinya juga sangat strategis karena terletak di pusat kota. Selain di Tanjung Pandan, daerah Manggar dan Sijuk juga dapat menjadi pilihan untuk menginap.

Destinasi Wisata di Pulau Belitung

Nah, jika sudah sampai di Pulau Belitung kita bisa eksplor banyak tempat wisata. Berikut beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi.

Hopping Island Belitung

Wisata di Belitung yang tidak boleh terlewatkan adalah Hopping Island-nya. Hopping Island ini merupakan sebutan wisata untuk mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Belitung. Beberapa Pulau yang dikunjungi adalah Pulau Kelayang, Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar, dan Pulau Garuda. Di Pulau Kelayang terdapat sebuah gua bernama Goa Kelayang yang bisa dikunjungi. Untuk menuju gua tersebut, kita harus menuruni bebatuan yang cukup licin, jadi harus hati-hati ya! Gua tersebut tersembunyi di balik batu-batuan yang besar.

wisata di pulau belitung

Suasana di dalam Gua Lengkuas, Belitung

Kemudian destinasi selanjutnya adalah Pulau Lengkuas. Ciri khas dari pulau ini adalah terdapat sebuah mercusuar berwarna putih yang menjulang tinggi. Mercusuar di Pulau Lengkuas ini dibangun pada tahun 1882 oleh pemerintah Belanda. Pemandangan dari pulau ini juga begitu cantik. Pasir putihnya yang lembut, bertemu dengan gradasi warna air laut yang indah.

wisata di pulau belitung

Pulau Lengkuas, Belitung

Snorkeling di Pulau Lengkuas

Setelah puas bermain di Pulau Lengkuas, kita akan diarahkan menuju spot snorkeling di sekitar pulau tersebut. Terumbu karang di Belitung cukup beragam dan berwarna-warni. Cantik sekali! Ikan-ikannya juga cukup banyak. Pokoknya puas-puasin deh berenang sambil lihat pemandangan indah. Eits, tapi harus diingat untuk tidak menginjak atau menyentuh terumbu karang ya, optijen! Kita harus tetap menjaga terumbu karang tersebut agar tetap hidup supaya bisa tetap kita nikmati keindahannya. Namun sayangnya terdapat beberapa karang yang rusak akibat terkena jangkar kapal.

wisata di pulau belitung

Terumbu karang di Pulau Belitung

Setelah selesai snorkeling, tujuan selanjutnya adalah Pulau Batu Berlayar. Pulau ini kecil sekali. Hanya terdapat batu-batu granit besar khas Belitung yang menjulang di antara hamparan pasir putih. Di sini kita bisa bersantai menikmati deburan ombak yang tenang dan juga berfoto ria. Warna lautnya cantik sekali dan juga jernih. Manjain mata banget deh!

wisata di pulau belitung

Perairan di sekitar Pulau Batu Berlayar

Batu Berkepala Burung

Tempat terakhir yang dikunjungi adalah Pulau Garuda. Di pulau tersebut juga terdapat batu granit besar yang uniknya berbentuk seperti kepala burung. Makanya dinamakan Pulau Garuda. Namun kita tidak bisa turun langsung di pulau ini karena termasuk wilayah konservasi yang dilindungi oleh pemerintah daerah. Berenang di sekitar pulaunya pun tidak boleh. Jadi bagusnya di sini sudah dilakukan zonasi untuk daerah mana saja yang boleh dimasuki wisatawan dan mana yang tidak.

wisata di pulau belitung

Pulau Garuda, Belitung

Untuk menikmati Hopping Island ini kamu bisa menyewa kapal yang tersedia di Pantai Tanjung Kelayang. Sudah banyak yang menyediakan jasa penyewaan kapal. Harganya mulai dari 500ribu saja bisa menampung hingga 10 orang. Soal keamanan tidak perlu diragukan lagi karena setiap kapal telah dilengkapi dengan jaket pelampung untuk masing-masing penumpang. Selain itu, di sini juga telah disediakan penyewaan alat snorkeling. Praktis kan?

Pantai Tanjung Tinggi
wisata di pulau belitung

Pemandangan di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Destinasi wisata Belitung berikutnya yaitu Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini terkenal karena menjadi salah satu lokasi syuting dari Film Laskar Pelangi. Masih dengan hiasan batu-batuan granit besar yang khas, pasirnya yang putih dan lembut, serta laut yang tenang. Di sini kita bisa bersantai menikmati pemandangan indah atau berenang-renang di tepi pantai.

Danau Kaolin
wisata di pulau belitung

Pemandangan di Danau Kaolin

Danau Kaolin ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin berfoto dengan latar yang cantik. Warna airnya yang biru kehijauan, dipadukan dengan daratannya yang berwarna putih. Cantik sekali! Danau ini bukan merupakan danau alami melainkan buatan. Jadi Danau Kaolin adalah bekas galian tambang kaolin, salah satu jenis mineral untuk bahan kosmetik, porselen, kain, kertas, pasta gigi, dsb.

Pulau Leebong
wisata di pulau belitung

Pemandangan Pulau Leebong, Belitung (sumber: bangkatour.com)

Nah jika pulau lain yang tak kalah cantik di Belitung adalah Pulau Leebong. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke pulau ini akan menginap selama satu malam. Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Leebong yaitu bersepeda mengitari pulau, snorkeling, bermain kayak, jetski, dan permainan air lainnnya.

Museum Kata Andrea Hirata
wisata di pulau belitung

Museum Kata Andrea Hirata (sumber: indonesiakaya.com)

Jika sudah bosan dengan laut, pilihan destinasi wisata lainnya bisa berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata. Museum ini terletak di daerah Gantung, Belitung Timur. Cukup jauh memang jika menempuh perjalanan dari Tanjung Pandan. Di museum ini kita dapat melihat karya-karya dari Andrea Hirata, penulis novel Laskar Pelangi, dalam bentuk foto. Bisa napak tilas film Laskar Pelangi gitu deh..

Replika SD Laskar Pelangi
wisata di pulau belitung

Replika Sekolah Laskar Pelangi (sumber: disbudpar.belitungtimurkab.go.id)

Buat penggemar film Laskar Pelangi, destinasi yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Ya, replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi. Jelas tempat ini adalah lokasi syuting dari sekolahnya Lintang, dkk. Di sini kita bisa turut merasakan langsung bagaimana rasanya bersekolah di tempat yang seadanya.

Wisata Kuliner

Jalan-jalan ke suatu tempat, tidak lengkap kalau tidak mencicipi kuliner khasnya. Belitung memiliki banyak kuliner khas yang wajib untuk dicoba.

RM Amat
wisata di pulau belitung

Kuliner hidangan laut di Belitung, RM Amat (sumber: tripadvisor.com)

Main ke pulau tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati hidangan laut. Salah satu hidangan laut yang direkomendasikan oleh penulis adalah RM Amat. Letaknya di daerah Sijuk dekat dengan Pantai Tanjung Tinggi. Rumah makan ini cukup tersembunyi di balik rumput-rumput liar yang tinggi. Namun ketika sudah masuk ke tempatnya, kita akan menikmati sensasi makan hidangan laut langsung di pinggir pantai. Makanan yang disediakan beragam, mulai dari berbagai jenis ikan laut, udang, cumi, hingga kepiting. Kepiting di RM Amat wajib dipesan jika berkunjung ke sini karena harganya yang cukup murah dan dagingnya juga segar. Cobain deh!

Mie Belitung Atep
wisata di pulau belitung

Mie Belitung Atep (sumber: detik.com)

Selain itu, juga ada mie khas Belitung namanya Mie Belitung Atep. Kedai ini berada di Jalan Sriwijaya, Tanjung Pandan, dekat dengan pusat kota. Sejak tahun 1973, Mie Belitung Atep sudah dikenal akan kelezatannya. Dalam satu mangkuk kita akan mendapatkan mie, kentang, ketimun, emping dan udang disiram dengan kuah kental yang nikmat. Kalau suka makan banyak satu porsi engga cukup nih! Jika masih ada, jangan lupa juga untuk mencicipi camilan khas Belitung di sini yaitu ketam isi. Makanan ini adalah olahan daging kepiting rajungan yang diberi bumbu kemudian dimasukkan kembali ke dalam cangkang kepiting lalu digoreng. Ini enak parah! Bisa juga jadi oleh-oleh, lho!

wisata di pulau belitung

Ketam isi khas Belitung (sumber: tomi.co.id)

Tips ke Belitung

Liburan ke pantai memang sebaiknya dilakukan pada saat musim kemarau. Jika kita mengunjungi saat musim hujan, angin dan gelombangnya bisa cukup besar. Terlebih aktivitas di luar ruangan akan terhambat jika hujan turun. Selain itu, pada musim kemarau, kita dapat melihat langit Belitung yang lebih cerah. Jika malam datang dan langit cerah, keindahan liburanmu tambah sempurna dengan hadirnya ribuan bintang yang gemerlap.

Nah, itu tadi rekomendasi wisata di Pulau Belitung. Ayo rencanakan liburanmu ke Belitung sekarang juga ya!

 

Baca Juga

Menelusuri Indahnya Pantai Selatan Kabupaten Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *